skip to main content

PEMASARAN PRODUK KERAJINAN BERBASIS CLOUD MARKETPLACE

*Sriatun Sriatun  -  Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Arfan  -  Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Sumardi Sumardi  -  Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2017 TRANSIENT

Citation Format:
Abstract
Pengrajin keset dari kain perca di Ceper Klaten Jawa Tengah saat ini sudah mampu memproduksi keset beraneka macam karakter seperti angry bird, keropy, doraemon dan sebagainya, namun pemasarannya masih sangat terbatas sehingga masyarakat luas belum mengenal produk keset dari daerah ini. Selain itu rendahnya kemampuan SDM pengrajin dalam bidang teknologi informasi/internet menyebabkan kendala dalam berinteraksi dengan pihak lain baik konsumen maupun pensuplai bahan baku. Melalui Program IbM/PKM ini diupayakan untuk menerapkan teknologi informasi/internet guna meningkatkan pemasaran produk kerajianan keset dari kain perca melalui cloud marketplace. Penggunaan smartphone terus meningkat dan semakin murah serta dukungan pemerintah pada industri kreatif dengan teknologi digital menjadikan peluang untuk melaksanakan pemasaran secara online semakin mudah.  Pemasaran melalui cloud marketplace tidak membutuhkan modal yang besar, akses mudah dengan pelayanan penuh (24 jam) pada pelanggan, biaya operasional rendah.  Melalui metode pemasaran ini kreatifitas dalam mempromosikan dan mengembangkan produk kerajinan lebih terbuka sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan.
Fulltext View|Download
Keywords: pemasaran, kerajinan keset,cloud, marketplace

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.