skip to main content

APLIKASI DETEKSI GERAK PADA KAMERA KEAMANAN MENGGUNAKAN METODE BACKGROUND SUBTRACTION DENGAN ALGORITMA GAUSSIAN MIXTURE MODEL

*Muhammad Harry Bintang Pratama  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Achmad Hidayatno  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Ajub Ajulian Zahra  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pencurian merupakan permasalahan yang sering terjadi di Indonesia. Pencurian biasanya terjadi pada malam hari atau saat tidak ada pengawasan terhadap barang maupun lokasi tertentu. Kamera CCTV (Closed-Circuit Television) merupakan salah satu sistem keamanan yang digunakan untuk memantau keadaan suatu tempat. Namun sistem kamera CCTV hanya berfungsi sebagai sistem pemantauan pasif saja. Tindakan ilegal seperti pencurian dapat dicegah dengan cara merancang sistem yang mampu mengidentifikasi bila terdapat penyusup lalu mengirimkan pemberitahuan ke pengguna. Pada tugas akhir ini, dirancang suatu sistem kamera keamanan menggunakan kamera web dan OpenCV yang terpasang pada Raspberry Pi. Masukan sistem berupa video yang diperoleh dari kamera. Metode deteksi gerakan yang digunakan adalah background subtraction dengan algoritma gaussian mixture model. Deteksi manusia kemudian dilakukan pada objek bergerak yang terdeteksi menggunakan metode Viola Jones. Hasil yang diperoleh dari sistem ini adalah pemberitahuan yang dikirim ke pengguna melalui email. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa algoritma gaussian mixture model dapat bekerja dengan baik untuk mendeteksi gerak pada kondisi lingkungan berbeda. Deteksi manusia memiliki rata-rata akurasi 86,1% pada kondisi dalam ruangan dan akurasi 88,3% pada kondisi luar ruangan. Hasil pengujian keseluruhan sistem mulai dari proses deteksi gerak, deteksi manusia, dan pengiriman pemberitahuan telah berhasil berjalan dengan baik.
Fulltext View|Download
Keywords: deteksi objek bergerak, deteksi manusia, algoritma gaussian mixture model, metode Viola Jones, OpenCV, Raspberry Pi.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.