skip to main content

APLIKASI EDUKATIF AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SIMBOL KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID

1Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia

2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia

Editor(s): Aris Triwiyatno

Citation Format:
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang elektro (elektronika) menuntut kalangan pelajar dan pengajar untuk dapat mengenali, mengetahui dan memahami komponenkomponen yang berhubungan dengan elektronika. Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang simbol komponen elektronika berupa nama, fungsi dan gambar bentuk fisik sesuai dengan marker serta tampilan 3D dari masing-masing komponen yang telah diinput kedalam library Vuforia SDK. Dalam pengujian, sistem menggunakan metode Black Box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat. Perancangan aplikasi menggunakan Unified Modelling Language berupa diagram use case, diagram aktivitas. Setelah itu dilakukan implementasi dan pengujian alfa kemampuan aplikasi. Untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan baik, dilakukan sejumlah pengujian dan pengamatan performa di sejumlah perangkat. Hasil implementasi menunjukkan aplikasi telah dibuat sesuai dengan perancangan yang direncanakan. Pada pengujian alfa dilakukan pengujian tiap fitur aplikasi dengan hasil pengujian dengan status berhasil. Hasil pengujian menunjukkan rata–rata waktu pemindaian yang dibutuhkan dalam memindai marker adalah 534,013 milidetik
Fulltext View|Download
Keywords: simbol, komponen elektronika, Augmented Reality, Android

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.