APLIKASI EDUKATIF AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SIMBOL KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID

*Eskania Widya P  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Maman Somantri  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yuli Christyono  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Aug 2017.
Open Access

Citation Format:
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang elektro (elektronika) menuntut kalangan pelajar dan pengajar untuk dapat mengenali, mengetahui dan memahami komponenkomponen yang berhubungan dengan elektronika. Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang simbol komponen elektronika berupa nama, fungsi dan gambar bentuk fisik sesuai dengan marker serta tampilan 3D dari masing-masing komponen yang telah diinput kedalam library Vuforia SDK. Dalam pengujian, sistem menggunakan metode Black Box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat. Perancangan aplikasi menggunakan Unified Modelling Language berupa diagram use case, diagram aktivitas. Setelah itu dilakukan implementasi dan pengujian alfa kemampuan aplikasi. Untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan baik, dilakukan sejumlah pengujian dan pengamatan performa di sejumlah perangkat. Hasil implementasi menunjukkan aplikasi telah dibuat sesuai dengan perancangan yang direncanakan. Pada pengujian alfa dilakukan pengujian tiap fitur aplikasi dengan hasil pengujian dengan status berhasil. Hasil pengujian menunjukkan rata–rata waktu pemindaian yang dibutuhkan dalam memindai marker adalah 534,013 milidetik
Keywords: simbol, komponen elektronika, Augmented Reality, Android

Article Metrics: