1Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient17023, author = {Syahrizal Pratama and Aris Triwiyatno and Budi Setiyono}, title = {PERANCANGAN AIR TO FUEL RATIO (AFR) CLUSTERING BERBASIS JARINGAN SARAF TIRUAN PADA MODEL MOBIL BERMESIN INJEKSI BENSIN BERDASARKAN PROFIL KARAKTERISTIK MENGEMUDI PENGENDARA}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {6}, number = {1}, year = {2017}, keywords = {AFR, Jaringan Saraf Tiruan, percepatan , pengereman, handwheel torque}, abstract = {Setiap pengemudi kendaraan mobil mempunyai karakteristik mengemudi yang berbeda-beda. Karakteristik mengemudi pengendara dapat memengaruhi kinerja mesin. Perubahan kinerja mesin dapat dibagi menjadi beberapa jenis pengoperasian agar sesuai dengan kebutuhan pengendara. Air to Fuel Ratio (AFR) clustering dibutuhkan agar kinerja mesin sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Perancangan AFR clustering berbasis Jaringan Saraf Tiruan dibuat pada model mobil bermesin injeksi bensin yang berdasarkan profil karakteristik mengemudi pengendara. Profil-profil yang digunakan adalah pola kemudi, percepatan kendaraan, kecepatan kendaraan, dan pengereman. Hasil keluaran clustering Jaringan saraf tiruan adalah nilai referensi yang terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sporty (12,6), normal (14,67), dan economic (15,4). Perubahan variasi handwheel torque antara low, mid, dan high pada variasi throttle low pada gear (1-4), throttle mid,high pada gear (1 dan 2) tidak berpengaruh pada AFR referensi. Perubahan variasi Handwheel torque low,mid,high pada variasi throttle mid dan high pada gear (3 dan 4) menghasilkan cluster percepatan kendaraan economic dan cluster pola kemudi sporty hal ini mempengaruhi nilai AFR referensi menjadi normal (14,67), ketika cluster percepatan kendaraan berada pada cluster sporty dan pola kemudi pada cluster economic dan normal nilai AFR referensi menjadi sporty (12,6). Pengereman menyebabkan terjadinya penurunan percepatan kendaraan dan AFR referensi menjadi economic dengan nilai AFR 15,4.}, issn = {2685-0206}, pages = {22--28} doi = {10.14710/transient.v6i1.22-28}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/17023} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id