skip to main content

PERANCANGAN MODUL PRONY BRAKE UNTUK PENENTUAN KARAKTERISTIK MEKANIK (TORSI TERHADAP KECEPATAN) DAN EFISIENSI MOTOR INDUKSI 3 FASA

*Muhammad Yahya  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang , Indonesia
Tejo Sukmadi  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang , Indonesia
Bambang Winardi  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Karakteristik motor induksi 3 fasa dipengaruhi oleh pembebanannya. Dua parameter yang penting diketahui adalah nilai torsi dan efisiensi motor induksi ketika dibebani. Namun, pembebanan motor yang signifikan untuk mengetahui karakteristik tersebut belum dimanfaatkan. Dengan penelitian ini, diharapkan nilai torsi dan efisiensi karena pengaruh pembebanan ini bisa didapatkan. Salah satu cara untuk mengetahui unjuk kerja motor induksi 3 fasa yaitu dengan menggunakan prony brake. Prony brake merupakan salah satu dynamometer jenis penyerapan karena kerjanya bergantung torsi tarikan yang mengubah energi mekanik menjadi panas akibat gesekan antara beban pulley dan tali kawat. Pembebanan prony brake mampu menghasilkan torsi lawan dan pembebanan yang cukup signifikan. Dari hasil penelitian didapatkan pembebanan prony brake mampu memberikan pembebanan sebesar 191,02 W (25,47 % beban penuh) hingga 656,07 W (87,49% beban penuh). Nilai torsi keluaran dan efisiensi terkecil sebesar 0,9893 Nm yang terjadi ketika pembebanannya 25,47%. Lalu torsi keluaran terbesarnya adalah 5,5051 Nm ketika pembebanan 87,48 %. Sedangkan efisiensi terbesarnya adalah 74,21 % ketika pembebanan 80 %. Rugi-rugi daya maksimal dalam penelitian ini didapatkan ketika pembebanan 87,48% sebesar 287,59 W dengan komposisi rugi-rugi daya inti 80,58W, rugi-rugi karena angin dan gesek 22,7 W, rugi-rugi tembaga stator 139,63 W, dan rugi-rugi tembaga rotor 44,68 W.
Fulltext View|Download
Keywords: motor induks tiga fasa, pembebanan, prony brake, torsi, efisiensi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.