skip to main content

APLIKASI OPTIMISASI KOLONI SEMUT PADA DOMAIN KONTINU UNTUK PENENTUAN PARAMETER PID DALAM KONTROL KECEPATAN MOTOR ARUS SEARAH

*Mesrika Purba  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
Susatyo Handoko  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
Mochammad Facta  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Motor Direct Current (DC) digunakan dalam berbagai aplikasi di bidang industri. Proportional, Intergral, Derivatif (PID) kontroler paling sering digunakan dalam kendali kecepatan motor DC, kontroler ini sangat tergantung pada nilai parameter Kp, Ki,, dan Kd dalam menghasilkan performa yang diinginkan. Ada beberapa metode konvensional untuk menentukan nilai parameter PID seperti Ziegler-Nichols (Z-N) dan metode Cohen-Coon (C-C), namun respon sistem yang dihasilkan sering kali belum seperti yang diharapkan. Ada metode lain berbasis algoritma kecerdasan buatan yang bisa digunakan untuk mengatur parameter PID salah satunya adalah algoritma Ant Colony Optimization for Continouus Domain (ACOR). Berdasarkan hal tersebut pada penelitian ini dibuat simulasi penerapan algoritma ACOR untuk menentukan optimal parameter PID dalam kendali kecepatan motor DC. Tolak ukur keberhasilan optimisasi ini mengacu pada nilai fungsi tujuan yaitu Integral of Time Multiplied by Absolute Error (ITAE). Sistem juga diuji dengan diberikan perubahan beban pada selang waktu tertentu. Berdasarkan hasil percobaan nilai parameter PID yang didapatkan dengan metode ACOR lebih baik dari pada metode Z-N dan C-C yaitu mampu menurunkan nilai rata-rata waktu naik sebesar 0,96 s , waktu tunda 0,33 s, waktu penetapan 6,5s  dan lewatan maksimum sebesar 100%. Hal ini berlaku juga saat diberikan penambahan beban pada selang waktu tertentu.
Fulltext View|Download
Keywords: Motor DC, PID kontroler ,Ant Colony Optimization(for Continous Domain), metode Ziegler- Nichols,metode Cohen-Coon.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.