skip to main content

PERANCANGAN SISTEM KONTROL MOTOR BERBASIS KONTROL PID DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ATMEGA8535 PADA SIZING PROCESS SISTEM WEAVING I GREIGE DI PT. APAC INTI CORPORA

*Rahmat Rizeki  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Budi Setiyono  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Munawar Agus Riyadi  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

 

 

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak membawa perubahan pada otomatisasi pabrik tekstil. salah satunya adalah proses penganjian yaitu proses pemberian larutan kanji pada benang lusi dengan tujuan untuk menghasilkan benang pada kondisi tertentu dengan memasukkan benang pada proses tersebut. Pada penelitian ini, dibuat pengendalian sistem mesin penganjian dengan metode kontrol PID pada putaran motor DC dengan mikrokontroller Atmega 8535 dan sensor hall effect encoder sebagai akuisisi data serta dibantu dengan rangkaian sensor kelembaban.  Sistem ini digunakan untuk melakukan simulasi proses penganjian dengan benang wol dan air sebagai pengganti bahan kanji. Benang tersebut akan dicelup dalam sebuah wadah dan selanjutnya melalui 4 silinder pemanas untuk melalui proses pengeringan dengan kecepatan motor 80 rpm dalam waktu 1-3 menit penggulungan. Hasil akan tercapai dengan menggunakan mesin sizing yang dibuat dengan air sebanyak 200 ml yang diletakkan pada wadah mekanika penganjian, dan didapatkan benang dengan kelembaban sebesar 16% dengan menggunakan kecepatan putaran 80 rpm dan lama waktu pemutaran 1 menit. Pada proses pengendalian sistem, dengan menggunakan penalaan trial error, parameter PID terbaik yang didapat adalah Kp=1, Ki=1, dan Kd=4. Pada pengujian dengan menggunakan penalaan PID, didapatkan tanggapan sistem yang baik dan cepat serta stabil dengan nilai rise time (tr) = 1,6 detik, peak time (tp)=3,2 detik, dan settling time (ts)= 4 detik.

 

Kata Kunci : Sizing Process,kelembaban, kontrol PID, Motor DC.

 

 

Abstract

 

Along with advances in technology, many brings about changes in the textile factory automation ,.one of which is the sizing process that the process of starch solution on warp with the aim to produce threads on certain conditions by incorporating threads in the process. In this study, created an engine control of sizing process with PID of method control on DC motor rotation with 8535 microcontroller and hall effect sensor  encoder as data acquisition and assisted with humidity sensor circuit. This system is used to simulate the sizing process with wool and water as a substitute for starch material. The thread will be dipped in a container and then through a 4-cylinder heater for the drying process with a motor speed of 80 rpm within 1-3 minutes winding. Results will be achieved by using a sizing machine created with 200 ml of water were placed in a container penganjian mechanics, and obtained thread with humidity of 16% using a rotation speed of 80 rpm and longer playback time of 1 minute. In the process control system, using a tuning trial error, PID parameters are best obtained Kp = 1, Ki = 1, and Kd = 4. In the test using PID tuning, obtained a good response and quick system and stable with a value rise time (tr) = 1.6 seconds, peak time (tp) = 3.2 seconds, and the settling time (ts) = 4 seconds.

 

Keywords: Sizing Process, humidity, PID control, DC motor.
Fulltext View|Download
Keywords: Sizing Process,kelembaban, kontrol PID, Motor DC

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.