PERBANDINGAN EFISIENSI PENGOLAHAN AIR ZAT WARNA SINTETIS INDIGOSOL YELLOW SEBAGAI HASIL PRODUKSI BATIK DENGAN METODE FENTON DAN OZONASI KATALITIK TERHADAP PARAMETER WARNA

Armita Cristiany, Arya Rezagama, Muhammad Nur

Abstract


Industri batik belakangan ini banyak menggunakan zat warna sintetis pada proses produksi batiknya seperti industri batik rumah tangga di kawasan Kelurahan Jenggot, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan yang menggunakan zat warna sintetis jenis Indigosol Yellow. Diketahui  air limbah batik tersebut mengandung kadar COD sebesar 1100 mg/L yang melebihi baku mutu dan warna yang pekat. Hal tersebut akan menyebabkan pencemaran apabila tidak dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Penelitian ini menawarkan alternatif pengolahan air limbah batik zat warna sintetis Indigosol Yellow tersebut dengan menggunakan dua metode yaitu metode fenton yang merupakan salah satu teknologi AOPs, dan proses ozonasi katalitik. Pengolahan dengan dua alternatif tersebut kemudian akan dibandingkan efisiensinya terhadap parameter warna. Metode fenton menggunakan tiga variasi dosis reagen fenton yaitu 1 ml H2O2 + 0,25 gr FeSO4.7H2O;  1 ml H2O2 + 0,5 gr FeSO4.7H2O,dan 1 ml H2O2 + 1 gr FeSO4 .7H2O dengan putaran pengadukan 200 rpm. Hasil terbaik metode ini pada dosis 1 ml H2O2 + 1 gr FeSO4 .7H2O dengan efisiensi penurunan warna 99.52%. Sedangkan metode kedua digunakan tiga variasi dosis juga yaitu 30 ppm O3+2 gr FeSO4.7H2O ; 60 ppm O3+2 gr FeSO4.7H2O dan 90 ppm O3+2 gr FeSO4.7H2O dengan putaran pengadukan 200 rpm, flowrate ozon 5 lpm. Dosis terbaik pengolahan ini berada di dosis 90 ppm O3+2 gr FeSO4.7H2O2 dengan nilai penurunan warna 25.71%. Meskipun kedua pengolahan yang ditawarkan memberikan penurunan warna, namun hasil signifikan menunjukkan bahwa metode fenton lebih baik dan efisien dalam pengolahan air limbah zat warna sintetis Indigosol Yellow.


Keywords


Air Limbah Batik, Indigosol Yellow, Fenton, Ozonasi Katalitik, Warna

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats