ANALISIS KOMPOSISI TERBAIK DARI VARIASI C/N RASIO MENGGUNAKAN LIMBAH KULIT BUAH PISANG, SAYURAN DAN KOTORAN SAPI DENGAN PARAMETER C-ORGANIK, N-TOTAL, PHOSPOR, KALIUM DAN C/N RASIO MENGGUNAKAN METODE VERMIKOMPOSTING

Jalu Arthawidya, Endro Sutrisno, Sri Sumiyati

Abstract


Vermikomposting adalah proses penguraian sampah atau limbah organik yang dilakukan dengan bantuan cacing sebagai dekomposer, sehingga dihasilkan kotoran cacing (pupuk) atau disebut kascing. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja cacing dalam menghasilkan kascing seperti pH media, nutrisi dalam pakan, kelembaban media, suhu media dan aerasi dalam media. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis kandungan hara C, N, P. K. Kemudian dari hasil analisis tersebut dibandingkan dengan kriteria kompos organik sesuai SNI 19-7030-2004 dan menentukan komposisi terbaik dari variasi C/N rasio 30, 25, dan 20. Pada penelitian ini menggunakan skala demplot dengan reaktor sebanyak 14 buah yang terdiri dari 4 buah reaktor C/N rasio 30, 4 buah reaktor C/N rasio 25, 4 buah reaktor C/N rasio 20 dan 2 buah reaktor kontrol yaitu (pure) limbah sayuran dan kulit pisang. Setelah 12 hari vermikomposting selesai, menunjukan komposisi terbaik pada reaktor B dengan C/N rasio sebesar 30 dengan variasi kotoran sapi 85%, kulit pisang 10% dan limbah sayuran 5%. Variasi ini mampu menghasilkan kandungan hara C sebesar 9,10 %, N sebesar 0,73%, C/N sebesar 12,47, P sebesar 0,0731% dan K sebesar 0,0795%. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan C/N rasio 30 merupakan C/N rasio yang ideal dan optimum untuk sistem pengomposan vermikomposting, sehingga kascing yang dihasilkan memiliki kandungan hara yang baik sebagai kompos organik. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan limbah kaya nutrisi dan penggunaan komposisi kotoran sapi lebih banyak dapat meningkatkan hasil kascing. Dalam sistem vermikomposting pakan cacing yang mengandung nutrisi yang baik akan membuat kotoran Cacing (kascing) mengandung hara yang baik.

Keywords


Vermikomposting, pupuk organik, Unsur Hara Makro, Komposisi, Kascing, Eisenia Fetida, C/N rasio, SNI 19-7030-2004

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats