ESTIMASI EMISI PENCEMAR UDARA KONVENSIONAL (SOx, NOx, CO, DAN PARTIKULAT) TRANSPORTASI UMUM BERDASARKAN METODE INTERNATIONAL VEHICLE EMISSION DI BEBERAPA RUAS JALAN KOTA SEMARANG

Latifah Herdian Chaerunnisa, Budi Prasetyo Samadikun, Haryono Setiyo Huboyo

Abstract


Transportasi merupakan kebutuhan penting untuk menunjang kebutuhan hidup manusia. Terdapat beberapa jenis transportasi umum yang beroperasi di Kota Semarang, diantaranya adalah bus, taksi, dan angkutan umum. Akibat perkembangan Kota Semarang yang pesat dan diikuti dengan pertambahan akan kebutuhan dan jumlah kendaraan umum mengakibatkan adanya penurunan kualitas udara yang diakibatkan oleh emisi kendaraan bermotor. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi resiko terjadinya pencemaran udara di Kota Semarang adalah dengan melakukan inventarisasi emisi pencemar udara konvesional (SOx, NOx, CO, dan PM) melalui estimasi emisi menggunakan metode IVE (International  Vehicle Emission). Model IVE merupakan sebuah model komputer yang didesain untuk dapat mengestimasi emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Terdapat beberapa data kendaraan umum yang dibutuhkan program IVE untuk melakukan perhitungan, diantaranya berupa data karakteristik dan pola mengendarai kendaraan umum yang didapatkan dengan metode Parking Lot Survei di sekitar area parkir Kota Semarang. Hasil dari perhitungan menggunakan metode IVE didapatkan besaran emisi running dan start up pencemar udara konvensional yang dihasilkan oleh kendaraan umum Kota Semarang sejumlah 2,1 ton/tahun untuk emisi running SOx tertinggi oleh taksi dan 0,0117 ton/tahun untuk emisi start up SOx tertinggi oleh angkot, 233,301 ton/tahun untuk emisi running NOx tertinggi oleh bus dan 2,84 ton/tahun untuk emisi start up NOx tertinggi oleh angkot, 1.909,417 ton/tahun untuk emisi running CO tertinggi oleh angkot dan 88,24 ton/tahun untuk emisi start up CO tertinggi oleh taksi, dan 43,73 ton/tahun untuk emisi running dan 0,326 ton/tahun untuk emisi start up PM tertinggi oleh bus.

Keywords


IVE, Transportasi, Semarang, Konvensional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats