PENGATURAN MANAJEMEN WAKTU AREA TRAFFIC CONTROL SYSTEM (ATCS) DALAM RANGKA PENGURANGAN EMISI PENCEMAR UDARA KENDARAAN BERMOTOR DI BEBERAPA PERSIMPANGAN JALAN KOTA SEMARANG

Irwanti Irwanti, Budi Prasetyo Samadikun, Haryono Setiyo Huboyo

Abstract


Kota Semarang telah menerapkan sistem manajemen lalu-lintas berbasis Area Traffic Control System (ATCS) pada 22 titik persimpangan prioritas untuk mengurangi potensi kemacetan dan meningkatkan kinerja lalu lintas akibat adanya peningkatan volume kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengurangan emisi kendaraan bermotor (TSP, NOx,CO, HC dan SO2) terkait penerapan ATCS pada lima simpang yang menjadi lokasi penelitian yaitu simpang Krapyak, bundaran Tugu Muda, simpang Polda, simpang Bangkong, dan simpang Fatmawati. Metode perhitungan emisi menggunakan metode Tier 1 dengan menghitung besar pegurangan emisi yang dihasilkan oleh jenis kendaraan motor dan mobil yang melintas pada saat adanya penambahan waktu nyala lampu hijau traffic light yang terjadi selama satu minggu pemantauan.

Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan manajemen lalu-lintas berbasis Area Traffic Control System (ATCS) dapat memberikan dampak positif berupa pengurangan tingkat pencemaran emisi kendaraan bermotor akibat adanya peningkatan kecepatan dan penurunan konsumsi bahan bakar kendaraan. Pengurangan emisi tertinggi akibat adanya penerapan ATCS terjadi pada simpang Krapyakdengan persentase pengurangan emisi sebesar 17,47% untuk emisi TSP, 36,78% untuk emisi NOx, 25,11% untuk emisi CO, 28,25% untuk emisi HC, dan 35,58% untuk emisi SO2. Sedangkan pengurangan emisi terendah terjadi pada simpang Bangkong dengan persentase pengurangan emisi sebesar 12,69% untuk emisi TSP, 22,81% untuk emisi NOx, 15,40% untuk emisi CO, 16,88% untuk emisi HC, dan 21,73% untuk emisi SO2.

Keywords


Area Traffic Control System, Emisi Kendaraan, Pengurangan Emisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats