ESTIMASI EMISI PENCEMAR UDARA KONVENSIONAL (SOx, NOx, CO, dan PM) KENDARAAN PRIBADI BERDASARKAN METODE INTERNATIONAL VEHICLE EMISSION (IVE) DI BEBERAPA RUAS JALAN KOTA SEMARANG

Tirta Tri Buanawati, Haryono Setiyo Huboyo, Budi Prasetyo Samadikun

Abstract


Transportasi memberikan dampak positif dalam  menentukan perkembangan suatu wilayah dalam mendistribusikan barang dan jasa, namun juga dapat memberikan dampak negatif terhadap kualitas udara di perkotaan yang semakin memburuk akibat tingginya kadar emisi kendaraan. Kondisi ini dapat terjadi di setiap wilayah Indonesia yang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi termasuk di Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik jenis mesin, exhaust type, jenis bahan bakar, distribusi umur kendaraan, jarak tempuh kendaraan (VKT), kecepatan kendaraan dan jumlah start-up, serta mengetahui besaran estimasi emisi pencemar udara konvensional (SOx, NOx, CO, dan PM) kendaraan pribadi di Kota Semarang pada saat start up dan running dengan menggunakan metode International Vehicle Emission. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner mengenai data karakteristik kendaraan sedangkan data sekunder diperoleh dari BMKG Maritim Kota Semarang. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan Metode International Vehicle Emission (IVE). Model International Vehicle Emission (IVE) secara khusus dirancang untuk memiliki fleksibilitas yang dibutuhkan oleh negara-negara berkembang dalam upaya untuk mengatasi emisi gas buang dari kendaraan di udara. (Davis, 2008). Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan Model International Vehicle Emission (IVE), maka diperoleh hasil bahwa hasil emisi udara konvensional SOx, NOx, CO dan PM pada motor pribadi di Kota Semarang baik ketika start up maupun running lebih besar dibandingkan dengan emisi yang dihasilkan pada mobil pribadi. Kemudian parameter emisi udara konvensional yang dihasilkan oleh mobil dan motor pribadi paling besar adalah CO.

Keywords


Karakteristik Kendaraan Pribadi, Model IVE, Emisi Udara Konvensional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats