PERENCANAAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH PADA SATUAN WILAYAH PEMBANGUNAN (SWP) IV DAN V KABUPATEN PATI (Kecamatan Wedarijaksa, Juwana, Batangan, Jakenan, Winong, Jaken, dan Pucakwangi)

Dimas Aji Saputro, Mochtar Hadiwidodo, Wiharyanto Oktiawan

Abstract


Kabupaten Pati memiliki 21 kecamatan yang terbagi menjadi 6 satuan wilayah pembangunan (SWP). Perencanaan kali ini difokuskan pada SWP IV dan V yang terletak pada bagian timur Kabupaten Pati dan merupakan wilayah pelayanan dari TPA Plosojenar. Cakupan pelayanan pengelolaan sampah yang ada saat ini masih terfokus di Kecamatan Juwana, dengan tingkat pelayanan keseluruhan sebesar 5,73% jika ditinjau dari jumlah sampah yang terangkut setiap harinya. Rendahnya tingkat pelayanan ini menandakan bahwa prasarana dan sarana persampahan yang dimiliki juga masih minim. Dalam merencanakan pengembangan sistem pengelolaan sampah pada SWP IV dan V Kabupaten Pati ini disesuaikan dengan target pemerintah Indonesia dalam RPJMN III tahun 2015–2019 dan standar pelayanan minimal (SPM) bidang persampahan dengan target pelayanan perkotaan sebesar 100% pada tahun 2020 dan pelayanan pedesaan sebesar 15% pada tahun 2030. Selain itu juga direncanakan penerapan 3R skala kawasan pada pelayanan perkotaan sebesar 20% di awal tahun perencanaan yang ditingkatkan menjadi 40% di akhir tahun perencnaan. Dengan meningkatnya tingkat pelayanan ini juga juga dibarengi dengan rencana pengembangan untuk kelima aspek pengelolaan sampah. Rencana pengembangan tiap aspek ini secara umum meliputi: (1) aspek teknis operasional, akan direncanakan penambahan prasarana dan sarana sesuai dengan kebutuhan tiap tahunnya; (2) aspek institusi, direncanakan penambahan struktur pada struktur organisasi UPT DPU Juwana dan memperjelas fungsi dari masing-masing institusi pengelola (UPT DPU Juwana, BLH, dan Disperindag); (3) aspek peraturan, direncanakan peningkatan berkaitan dengan kelengkapan materi Perda, sosialisasi, penerapa, dan penegakan hukum; (4) aspek peran serta masyarakat, direncanakan pengembangan peran serta melaui program-program sosialisasi dan pelatihan; dan (5) aspek pembiayaan, direncanakan strategi pendanaan yang mencakup subsidi pemerintah dan retribusi.

Keywords


SWP IV dan V, Pengelolaan Sampah, Tingkat Pelayanan, Aspek Teknis Operasional, Aspek Institusi, Aspek Peraturan, Aspek Peran Serta Masyarakat, Aspek Pembiayaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats