ANALISIS EMISI GAS RUMAH KACA PRODUKSI KARET DENGAN METODE LCA (LIFE CYCLE ASSESSMENT) DAN PERHITUNGAN PENYERAPAN KARBON PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX NGOBO

Utamiria Dwi Kartika, Winardi Dwi Nugraha, Mochtar Hadiwidodo

Abstract


Karet merupakan salah satu komoditas utama Indonesia dengan nilai ekspor mencapai 2.623.471  ton pada tahun 2014 dan berperan menyumbang emisi dalam perubahan iklim (Direktorat Jenderal Pertanian, 2015). Namun demikian, menurut penelitian yang dilakukan oleh Indraty, 2005, tanaman karet memiliki jumlah tajuk yang tinggi untuk dapat menyerap karbon dengan jumlah besar. Sejalan dengan kedua hal tersebut, komitmen Indonesia dalam perubahan iklim tampak pada ratifikasi IPCC dan Protokol Kyoto (yang dilanjutkan melalui program REDD+). Terkait latar belakang tersebut, diperlukan suatu penelitian untuk inventarisasi pelepasan emisi karbon ke alam dan penyerapan karbon. Penelitian dilakukan pada salah satu perkebunan karet, PT. Perkebunan Nusantara IX Ngobo sebagai eksportir kepada perusahaan kelas dunia seperti Michelin dan Good Year pada bulan November 2016 hingga Februari 2017. Analisis emisi karbon digunakan dengan metode LCA (Life Cycle Assessment) berdasarkan ISO 14040, sementara perhitungan penyerapan karbon dilakukan dengan olah citra Landsat 8.0 dibantu oleh software Arc Map 10.4 dan  ENVI 4.5.  Hasil yang didapatkan berupa penghasilan emisi tahun 2015-2016 pada perkebunan karet sebesar 6,65 ton CO2 eqivalent per ton lateks per tahun dan pabrik pengolahan adalah sebesar 8,84 ton CO2 eqivalent per ton lateks per tahun. Jumlah penyerapan karbon yang didapat adalah sebesar  31,52 ton CO2 eqivalen per hektar per tahun atau 145,72 ton CO2 eqivalent per ton lateks per tahun. Berdasarkan hasil yang didapatkan dapat dikatakan bahwa nilai potensi penyerapan karbon di PT. Perkebunan Nusantara IX Ngobo lebih besar daripada nilai potensi emisinya. Penelitian ini dapat disempurnakan dengan mengikutsertakan scope 3 dalam perhitungan emisi karbon dan melakukan digitasi citra yang maksimal dalam perhitungan penyerapan karbon.


Keywords


LCA, emisi Gas Rumah Kaca, penyerapan karbon, produksi karet, CO2 ton ekivalen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats