PERENCANAAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU STUDI KASUS : KELURAHAN PALABUHANRATU, KECAMATAN PALABUHANRATU, KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT

M. Permana Laksana, Budi Prasetyo Samadikun, Ika Bagus Priyambada

Abstract


Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki laju pertumbuhan penduduk, ekonomi, dan pembangunan yang meningkatkan aktifitas masyarakat. Hal ini menyebabkan sampah yang dihasilkan terus bertambah, selain itu juga permasalahan terhadap pengelolaan sampah dari hulu yaitu kurangnya reduksi sampah menyebabkan penumpiukan sampah di TPA. Hal ini disebabkan belum adanya pengelolaan dengan baik yaitu hanya kumpul, buang, dan angkut; maka dari itu perlu dilakukan perencanaan mengenai sistem pengelolaan persampahan yang dapat mereduksi sampah dari hulu. Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu di Kelurahan Palabuhanratu merupakan pendekatan sistem yang dapat dijadikan sebagai solusi pemecahan masalah persampahan. Pengelolaan sampah yang ada di Kelurahan Palabuhanratu saat ini masih bertumpu pada pola lama, yaitu sampah dikumpulkan dari sumbernya, ada yang diangkut ke TPS dan juga langsung dibuang ke TPA. Namun di Kelurahan Palabuhanratu memiliki Bank Sampah yang bertujuan untuk mengurangi sampah dari sumbernya yaitu Bank Sampah Ratu Indah. Walaupun memiliki Bank Sampah tersebut, dapat membantu mengurangi sampah dari hulu namun wilayah pelayanannya yang masih terbatas tidak dapat membantu mengurangi sampah dari hulu secara signifikan di Kelurahan Palabuhanratu. Konsep pengelolaan sampah terpadu (TPS 3R) dapat diintegrasikan dengan bank sampah sehingga sampah yang akan dibuang ke TPA akan menjadi lebih sedikit dan juga memiliki nilai ekonomis.

Keywords


sistem pengelolaan sampah, bank sampah, 3R

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats