PERENCANAAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH PADA SATUAN WILAYAH PEMBANGUNAN (SWP) I DAN VI KABUPTEN PATI Kecamatan Pati, Kecamatan Margerejo, Kecamatan Gembong, Kecamatan Gabus, Kecamatan Tambakromo, Kecamatan Kayen, Kecamatan Sukolilo

M. Ferry Rizky.R, Mochtar Hadiwidodo, Wiharyanto Oktiawan

Abstract


Perencanaan pengelolaan sampah di SWP I dan VI memiliki beberapa permasalahan, diantaranya sistem pengelolaan sampah yaang belum optimal, dan pelayanan terkait pengelolaan sampah yang belum menyeluruh. Dari data yang di dapat, tercatat tingkat pelayanan eksisting di SWP I dan VI hanya berkisar sebesar 19,7%, tentu ini berlawanan dengan UU. No 18 Tahun 2008 yang memandatkan bahwa seluruh wilayah yang ada harus terlayani oleh program pengelolaan sampah. Dari keterangan tersebut maka perlu dulakukan suatu perencanaan mengenai pengelolaan sampah di SWP I dan VI Kabuupaten Pati higga 20 tahun kedepan atau hingga tahun 2036. Dari survey lapangan yang telah dilakukan, tercatat SWP I dan VI memiliki besar timbulan perkapita sebesar 2,00 l/orang/hari, hasil ini didapat dari sampel yang dilakukan selama 8 hari di tiap kecamatan yang ada di SWP I dan VI. Dengan mempertimbangkan proyeksi penduduk dan RAB setempat, maka didapatkan hasil proyeksi timbulan hingga tahun 2036 adalah sebesar 5,41 l/orang/hari. Perencanaan yang akan dilakukan mengacu pada RPJMN 2015-2019 yaitu 100% daerah perkotaan terlayani sanitasi dengan 20% timbulan diperlakukan dengan kegiatan 3R, dan 15% Standard Pelayanan Minimum (SPM) untuk daerah non perkotaan. Perencanaan ini sendiri menimbang dari 5 aspek yaitu aspek peraturan, aspek kelembagaan, aspek teknis teknologis, aspek peran serta masyarakat, dan aspek pembiyayaan yang direncanakan hingga tahun 2036 mendatang.

Keywords


pengelolaan sampah, SWP, RPJMN, SPM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats