VALUASI EKONOMI LINGKUNGAN KONDISI KUALITAS AIR SUNGAI GELIS TERHADAP ASPEK AIR BERSIH (Studi Kasus: Daerah Aliran Sungai Gelis, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus)

Laksmita Maharini, Winardi Dwi Nugraha, Mochtar Hadiwidodo

Abstract


Aktivitas masyarakat yang keliru dalam memanfaatkan fungsi sungai adalah seperti membuang sampah rumah tangga ke sungai serta membuang limbah yang dihasilkan dari proses produksi suatu perusahaan ke sungai. Kualitas air sungai yang menurun tentu akan menimbulkan permasalahan air bersih yang digunakan masyarakat sekitar DAS Gelis Kecamatan Jati. Padahal, menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 416 tahun 1990 Tentang Syarat- syarat dan Pengawasan Kualitas Air menyebutkan bahwa, air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari – hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah masak. Hal ini, tentu menimbulkan kerugian terhadap masyarakat terkait dengan kebutuhan akan adanya air bersih di Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus sebagai upaya untuk menjaga kualiatas sungai. Hasil perhitungan estimasi biaya pengganti penyediaan air bersih selama satu tahun (2016) di DAS Gelis Kecamatan Jati sebesar Rp 950.103.408,21. Besarnya biaya tersebut berdasarkan perhitungan dari 321 KK yang merupakan warga bantaran sungai Gelis di DAS Gelis Desa Jati Kulon dan Jati Wetan. 

Keywords


Kondisi Kualitas Air Sungai Gelis, Valuasi Ekonomi Lingkungan, Replacement Cost

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats