ANALISIS DAMPAK KEGIATAN CAR FREE DAY TERHADAP KUALITAS UDARA KARBON MONOKSIDA (CO) DI SEKITAR AREA SIMPANG LIMA MENGGUNAKAN PROGRAM CALINE 4 DAN SURFER STUDI KASUS: KOTA SEMARANG

Raditya Nugraha Setiabudi Putra, Irawan Wisnu Wardhana, Endro Sutrisno

Abstract


Kota Semarang memiliki kegiatan car free day  yang diselenggarakan setiap hari minggu di jalan Pahlawan dan Jalan Pemuda. Menurut Peraturan Walikota Semarang Nomor 22 Tahun 2011 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) car free day bertujuan untuk mewujudkan udara yang bersih dan sebagai ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat. Penelitian ini memantau kondisi udara khususnya Karbon Monoksida (CO) yang merupakan pencemar utama yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor di sekitar area car free day Jalan Pahlawan dan Simpang Lima saat kegiatan Car Free Day berlangsung untuk mengetahui dampak yang diakibatkan oleh kegiatan tersebut bagi area sekitar Car Free Day. Penelitian dilakukan di 10 titik di area sekitar simpang lima yaitu Jalan Menteri Supeno, Jalan Gergaji, Jalan Kusumawardhani, Jalan Imam Bardjo, Jalan Erlangga Raya, Jalan Gajah Mada, Jalan A. Yani, Jalan Pandanaran, Jalan Pandanaran 2, dan Jalan KH. Ahmad Dahlan, Penelitian ini dilakukan dengan menghitung jumlah kendaraan bermotor selama kegiatan car free day berlangsung, data meteorology berupa suhu, arah angin, dan kecepatan angin Konsentrasi CO. pengambilan sampel CO dilakukan 3 jam selama kegiatan Car Free Day berlangsung dengan interval pengambilan sampel per 10 menit. Hasil pengambilan sampel dianalisis untuk mengetahui persentase dampak dari kegiatan car free day terhadap kualitas udara dan kesehatan serta dibuat estimasi sebarannya menggunakan software caline4 dan Surfer8 untuk mempermudah analisis area yang terkena dampak. Lokasi area sekitar simpang lima yang paling tinggi konsentrasi CO nya saat kegiatan car free day berlangsung adalah Jalan Menteri Supeno dengan konsentrasi rata-rata selama 3 jam sebesar 7.1 ppm dan jalan KH. Ahmad Dahlan dengan konsentrasi 6,1 ppm  konsentrasi tersebut lebih besar dari konsentrasi di hari sabtu saat tidak ada kegiatan car free day.  Dampak  dari kegiatan Car Free Day terhadap kualitas udara dia area sekitar Simpang Lima Semarang  berupa peningkatan dan penurunan konsentrasi CO. Jalan Menteri Supeno mengalami peningkatan konsentrasi CO sebesar 208,7%, Jalan Gergaji sebesar 145,5%, Jalan Kusumawardhani sebesar 228.6%, Jalan Imam Bardjo sebesar 85.7%, Jalan Erlangga Sebesar 63.6%, Jalan Gajah Mada sebesar -13.3%, Jalan A.Yani sebesar 0%, Jalan Pandanaran sebesar -34.3%, Jalan Pandanaran 2 sebesar 143.75%, dan jalan K Ahmad Dahlan Sebesar 79.4. Meskipun mayoritas hampir di seluruh lokasi penelitian terjadi peningkatan CO nilai konsentrasi CO di seluruh Kata Kunci area sekitar simpang lima masih berada di bawah bakumutu PP No.41 Tahun 1999 yaitu 30.000 μg/Nm3.

Keywords


Car Free Day, Konsentrasi Karbon Monoksida, Pencemaran Udara

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats