ANALISIS DAMPAK KUALITAS UDARA KARBON MONOKSIDA (CO) DI SEKITAR JL. PEMUDA AKIBAT KEGIATAN CAR FREE DAY MENGGUNAKAN PROGRAM CALINE4 DAN SURFER (STUDI KASUS: KOTA SEMARANG)

Diken Yus Damara, Irawan Wisnu Wardhana, Endro Sutrisno

Abstract


Salah satu dari program pemerintah di kota Semarang dalam menurunkan pencemaran udara adalah melaksanakan kegiatan Car Free Day di hari minggu. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di sepanjang ruas jalan Pemuda mulai dari Tugu Muda sampai dengan Paragon City. Namun setelah kegiatan tersebut berlangsung, akan adanya suatu area yang ditutup dan akan menimbulkan beberapa dampak yaitu terjadinya peningkatan pencemaran udara di sekitar jalan alternatif karena adanya perubahan arus lalu lintas. Penelitian ini membahas seberapa besar peningkatan konsentrasi CO dan jumlah kendaraan bermotor pada hari minggu yang dibandingkan dengan hari sabtu, kemudian membuat estimasi sebaran pencemaran udara di sekitar jalan Pemuda, dan menganalisis dampak kegiatan Car Free Day. Metodologi yang dilakukan adalah dengan melakukan pengukuran langsung yang kemudian dianalisis menggunakan software CALINE4 dan Surfer 8. Hasil yang didapatkan adalah terjadinya peningkatan pencemaran udara dan jumlah kendaraan bermotor di jalan-jalan alternatif, adanya peningkatan dan perbedaan konsentrasi CO di tiap-tiap receptor namun walaupun terjadinya peningkatan konsentrasi CO di jalan alternatif, masih tetap memenuhi baku mutu.


Keywords


Car Free Day, CO, Ambien, Receptor, Jl. Pemuda, Kendaraan Bermotor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats