PENGARUH PENAMBAHAN MOLASE DAN URIN SAPI TERHADAP KANDUNGAN C-ORGANIK DAN NITROGEN TOTAL DALAM PENGOLAHAN LIMBAH ISI RUMEN DARI RUMAH PEMOTONGAN HEWAN (RPH) SEBAGAI PUPUK CAIR

Retno Suryani, Wiharyanto Oktiawan, Sudarno Sudarno

Abstract


Limbah isi rumen dari RPH yang tidak diolah dapat menurunkan kualitas lingkungan.Pupuk yang terbuat dari limbah isi rumen mengandung C-Organik dan Nitrogen Total yang rendah serta belum memenuhi Permentan No.70/Permentan/SR.140/10/2011. Upaya peningkatan C-Organik dan N-Total dalam pupuk cair dari limbah isi rumen dapat dilakukan dengan penambahan molase dan urin sapi. Penelitian ini menggunakan 10 reaktor dengan menggunakan variabel bebas volume penambahan molase (80 ml, 120 ml, dan 160 ml), volume penambahan urin sapi (500 ml, 750 ml, dan 1000 ml), serta waktu pengujian (0, 7,10, 14, dan 17 hari). Variabel terikat adalah kandungan C-Organik, N-Total, serta toksisitas. Sedangkan variabel kontrolnya adalah suhu dan pH. Penambahan molase menyebabkan peningkatan konsentrasi COD, C-Organik, dan N-Total secara signifikan. Dalam penambahan 80 ml molase, dapat meningkatkan konsentrasi COD sebesar  21628 mg/l, kandungan C-Organik 5,41%, dan kandungan N-Total 0,49%. Namun, pengaruh penambahan molase dalam proses fermentasi adalah tidak signifikan.Penambahan urin sapi menyebabkan penurunan konsentrasi COD dan C-Organik serta meningkatkan kandungan N-Total. Setiap penambahan 500 ml urin sapi dapat menurunkan 2341 mg/l COD dan 1,82 % C-Organik serta meningkatkan 0,56% kandungan N-Total. Pengaruh penambahan urin sapi  terhadap penurunan konsentrasi COD dan C-Organik adalah tidak signifikan. Namun, pengaruh penambahan urin sapi terhadap peningkatan konsentrasi N-Total adalah signifikan. Sedangkan pengaruh urin sapiterhadap proses fermentasi tidak signifikan. Pupuk cair yang dihasilkan dari penelitian ini pada semua reaktor bersifat toksik karena memiliki nilai GI < 80%.Lama fermentasi yang optimum dalam pengolahan limbah isi rumen sebagai pupuk cair adalah 14 hari.Kualitas pupuk paling baik adalah dari reaktor nomor 8 yaitu dengan rasio rumen : urin sapi : molase sebesar  1 : 0,25 : 0,08.

Keywords


Limbah isi rumen, molase, urin sapi, C-Organik, N-Total

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats