skip to main content

STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL BERBASIS KOMODITAS SALAKDI KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA

*Eka Dyah Wahyu Prasetyaningsih  -  Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Widjonarko .  -  Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kecamatan Madukara (Kabupaten Banjarnegara) memiliki komoditas unggulan berupa buah salak. Kecamatan Madukara merupakansentra perkebunan dan produksi salak terbesar di Kabupaten Banjarnegara, bahkan Jawa Tengah. Produksi salak di Kecamatan Madukara rata-rata mencapai 135.958 ton per tahun.Namun, salak yang dihasilkan Kecamatan Madukara hanya dijual dalam bentuk buah segar. Belum banyak masyarakat yang mampu mengolah salak menjadi produk turunan yang memiliki nilai tambah. Selain itu,terbatasnya akses mengenai informasi harga dan jaringan pemasaran memaksa petani menjual hasil panen kepada pengepul desa dengan harga yang ditentukan secara sepihak, hal ini yang menjadi penyebab petani tidak mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Tujuan dari penelitian ini yaitu merumuskan strategi pengembangan ekonomi lokal berbasis komoditas salak di Kecamatan Madukara untuk menciptakan daya saing guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan didukung analisis LQ, Shift-Share, dan Nilai Tambah. Untuk merumuskan startegi digunakan analisis SWOT, untuk menentukan program dilakukan dengan mengkomparasikan kondisi saat ini dengan kondisi yang diinginkan dan mengacu pada hasil analisis SWOT.

Hasil kajian menunjukkan bahwa di Kecamatan Madukara sudah mulai berkembang industri rumahan pengolahan salak, produk turunan salak mampu menghasilkan nilai tambahpada pendapatan petani sebesar 17-28%untuk 1 kuintal salak yang diolah apabila dikembangkan secara maksimal. Komoditas salak terbukti memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Berdasarkan analisis tersebut maka rumusan startegi yang dapat dikembangkan di Kecamatan Madukara yaitu meningkatkan produksi dan kualitas salak, pembentukan lembaga riset, inovasi produk turunan salak, penguatan promosi penjualan, penguatan kapasitas lembaga penunjang, pengembangan teknologi, mobilisasi sumber dana, membangun forum kemitraan dengan pemda lain, serta pembentukan klaster industri salak sebagai strategi pendukung untuk menciptakan kegiatan ekonomi yang berkelanjutan.

Fulltext View|Download
Keywords: Strategi, Pengembangan Ekonomi Lokal, Nilai Tambah, Salak, Kecamatan Madukara

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.