PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KUALITAS PERMUKIMAN KUMUH PADA KEGIATAN PNPM DI KELURAHAN MUARAREJA KOTA TEGAL

Ruhaida Ruhaida, Sunarti Sunarti

Abstract

Perubahan iklim menjadi salah satu penyebab berubahnya kondisi fisik lingkungan pada beberapa kawasan pesisir di pantai Utara Jawa. Perubahan tersebut mengganggu aktivitas masyarakat yang memanfaatkan potensi pesisir salah satunya sebagai permukiman. Dampak perubahan iklim seperti banjir rob tinggi dikawasan pesisir memberikan peluang kekumuhan. Permukiman kumuh bersumber dari ketidakberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kondisi fisik lingkungan permukimannya sehingga diperlukan adanya upaya meningkatkan power masyarakat dengan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas permukiman kumuh pada kegiatan PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) di Kelurahan Muarareja Kota Tegal. Metode pendekatan menggunakan penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif  untuk mendeskripsikan hasil dari perolehan kuesioner dan analisis deskriftif kualitatif untuk menjelaskan dan mengeneralisasi hasil dari penelitian yang berupa wawancara. Pengumpulan data penelitian dilakukan berupa purposive sampling.

Hasil dalam penelitian ini  berupa  bentuk  pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan PNPM dalam upaya peningkatan kualitas permukiman kumuh. Bentuk tersebut dapat dilihat dari kapasitas masyarakat yang menggambarkan kebutuhan masyarakat yang mendukung keluaran penelitian berupa bentuk-bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pada kegiatan PNPM dalam upaya meningkatkan kualitas permukiman. Bentuk kegiatan pemberdayaan tersebut terdiri dari proses pembuatan proposal kegiatan, pelaksanaan kegiatan lingkungan seperti: RTLH (Rehap Rumah Tidak Layak Huni),pembuatan jalan Paving, pembuatan Talud,dan perpipaan, dan peran masyarakat dalam pemeliharaan pembangunan.

Keywords

pemberdayaan masyarakat; peningkatan kualitas permikiman kumuh; PNPM

Full Text:

FULL TEXT

Refbacks

  • There are currently no refbacks.