skip to main content

Studi Preferensi Pengusaha Kecil Menengah dalam Pemilihan Lokasi Aktivitas Usaha di Koridor Jalan Kaliurang

*Dwitiya Yuni Lestari  -  Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ragil Haryanto  -  Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Dalam pemilihan   lokasi usaha, para pelaku usaha tidak lepas dari masalah pemilihan lokasi yang salah sehingga usaha tidak laku dan keterbatasan akses untuk menuju lokasi (lokasi tidak berada di jalan utama).  Selain  itu,  masalah  lainnya  seperti  ketidaktahuan  pasar  dan  banyak  pesaing  di  lokasi  favorit merupakan masalah dan pertimbangan pengusaha dalam memilih lokasi aktivitas usahanya. Dari masalah tersebut, maka muncul pertanyaan : Apa saja yang mempengaruhi   preferensi pengusaha kecil menengah dalam pemilihan lokasi  aktivitas usaha dan  bagaimana perkembangan usaha kecil menengah terhadap preferensi tersebut di Koridor Jalan Kaliurang?. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi pengusaha kecil menengah dalam pemilihan lokasi aktivitas usaha dan perkembangan usaha di Koridor Jalan Kaliurang.

Sasaran yang dilakukan untuk mencapai tujuan adalah Mengidentifikasi koridor Jalan Kaliurang yang

didominasi oleh pengusaha kecil menengah, Menemukenali karakteristik usaha kecil menengah yang dominan di Koridor Jalan Kaliurang, Menganalisis preferensi pengusaha kecil menengah dalam pemilihan lokasi aktivitas usaha di koridor Jalan kaliurang yang dominan, Kesimpulan dan Rekomendasi.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan kuesioner kepada pengusaha kecil menengah. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dengan dokumentasi dan instansional. Penarikan sample menggunakan metode purposive dan proposional sampling dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif.

Setelah dilakukan penelitian ini, preferensi pelaku usaha kecil menengah dalam pemilihan lokasi aktivitas usaha di koridor jalan kaliurang yaitu  akses jalan besar, dekat dengan konsumen, dekat dengan kawasan pendidikan, tempat parkir, ketersediaan listrik, air dan telpon serta keamanan.

Fulltext
Keywords: Pelaku Usaha Kecil Menengah, Preferensi, Lokasi, Koridor Jalan Kaliurang
Article Info
Section: Articles
Statistics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.