skip to main content

PERAN PASAR BOJA TERHADAP KONDISI PEREKONOMIAN WILAYAH SEKITAR (Studi Kasus Pasar Boja Kecamatan Boja)

*Wisnu Widhianto  -  Mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mardwi Rahdriawan  -  Dosen Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pasar merupakan wadah bagi masyarakat untuk melakukan aktifitas ekonomi yaitu tempat untuk melakukan transaksi antara pedagang dan pembeli. Selain itu pasar juga menjadi salah satu sektor yang penting untuk pendapatan daerah. pasar sebagai tempat penyediaan barang (termasuk jasa) dengan harga yang diperoleh dari hasil tawar-menawar antara penjual dan pembeli yang memenuhi permintaan. Peran sebuah pasar taradisional bagi suatu wilayah sangat berpengaruh bagi masyarakat sekitarnya karena dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat seperti pedagang, jasa angkut barang, pemasok barang dagangan dan lain lain.

Sumber daya ekonomi potensial dari desa Boja yang secara langsung didistribusikan ke Pasar Boja menyebabkan Pasar Boja menjadi vital keberadaanya sebagai tempat untuk mendistribusikan barang-barang hasil dari produksi desa Boja maupun daerah daerah di sekitarnya. Permasalahan yang muncul yaitu adanya pasar lain yang lokasinya dapat dikatakan berdekatan dengan Pasar Boja yaitu pasar Limbangan dan pasar Mijen menyebabkan terjadinya persaingan alur distribusi barang dan konsumen sehingga mempengaruhi peran pasar. Selain itu juga terdapat faktor lain yang mempengaruhi peran Pasar yaitu Pasar Boja sebagai unsur-unsur pendukung aktifitas perdagangan dan jasa masyarakat dengan kondisi sedang dalam tahap peremajaan paska kebakaran pada tahun 2007. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran yang diberikan dari keberadaan pasar tradisional Boja terhadap aktifitas perdagangan dilihat dari barang dagangan yaitu jenis barang dagangan serta asal barang dagangan yang diperjualbelikan, pelaku pasar seperti penjual, pembeli serta aktifitas jasa yang berada didalamnya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, serta menjadikan pendekatan kualitatif sebagai analisis utama. Mendeskripsikan kontribusi yang diberikan pasar tradisional Boja sehingga dapat diketahui peran pasar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pasar. Lokasi yang akan digunakan untuk penelitian  adalah Pasar Boja yang terletak di Desa Boja Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Data kualitatif dikumpulkan melalui kuesioner yang diperoleh dari pedagang pasar sebagai responden, selain itu juga dilakukan wawancara dengan pihak pihak terkait serta penggunaan dokumen dari instansi.

Hasil dari penelitian ini yaitu besar kontribusi atau peran yang diberikan pasar tradisional Boja dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Boja dan sekitarnya. Peran ini dilihat dari sebaran distribusi barang serta pelaku yang ada di dalamnya, dari sektor formal yaitu petugas dari dinas pasar maupun informal seperti pedagang, pegawai toko serta penyedia layanan jasa yaitu kuli panggul, tukang parkir, jasa transportasi dan lain-lain. Peran yang paling besar diperoleh dari pedagang sebagai pelaku utama dalam perdagangan dilihat dari besaran penghasilan dan jumlah pedagang berdasarkan lokasi asal. Selain itu juga diperoleh dari distribusi barang dagangan dilihat dari jenis barang serta darimana barang tersebut berasal. 

Fulltext View|Download
Keywords: Tradisional;Peran Pasar;Perekonomian;Perdagangan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.