skip to main content

Analisa Pengaruh Penambahan Integrated Stern Wedge-Flap terhadap Hambatan Kapal dengan Metode CFD

*Gilang Bayu Pangestu  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Hambatan kapal merupakan gaya yang arahnya berlawanan dengan arah laju kapal [1].  Kapal didesain sedemikian rupa sehingga meminimalisir gaya hambatannya. Modifikasi pada lambung kapal telah dilakukan sebelumnya untuk mengurangi gaya hambatan kapal, salah satunya penambahan appendage berupa Integrated Stern Wedge-Flap. Pada penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penambahan Integrated Stern Wedge-Flap pada KRI Todak terhadap nilai hambatan kapal yang bertujuan untuk mendapatkan model variasi penambahan Integrated Stern-Wedge Flap yang mampu menurunkan nilai hambatan KRI Todak paling baik. Penelitian ini dilakukan dengan cara menghitung dan menganalisa hambatan kapal dengan menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD) yaitu ANSYS CFX. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari sembilan model variasi seluruhnya mampu menurunkan nilai hambatan total KRI Todak dengan penambahan Integrated Stern Wedge-Flap yang memiliki sudut 7° dan panjang 1,4478 meter menjadi model terbaik karena mampu menurunkan nilai hambatan total KRI Todak hingga 6,53% pada kecepatan maksimum.
Fulltext View|Download
Keywords: Hambatan Kapal; Integrated Stern Wedge-Flap; Appendage; Computational Fluid Dynamics.
  1. A. F. Molland, S. R. Turnock, and D. A. Hudson, Ship Resistance and Propulsion. 2011
  2. D. P. Putra, A. Trimulyono, and E. S. Hadi, “Analisa Pengaruh Pemasangan Energy Saving Device ( ESD ) Propeller Boss Cap Fins ( PBCF ) dan Kort Nozzle Pada Propeller Type B-Series dan Propeller Type AU Terhadap Gaya Dorong Propeller dengan Metode CFD,” vol. 3, no. 4, pp. 405–417, 2015
  3. D. S. Cusanelli, “Scaling Effects on Stern Flap Performance Progress Report,” 2009
  4. A. D. Alfian, D. Chrismianto, and E. S. Hadi, “Analisa Hambatan Akibat Penambahan Stern Wedge Pada KRI Todak Menggunakan Metode CFD (Computational Fluid Dynamics),” vol. 4, no. 4, pp. 779–786, 2016
  5. J. Harumbinang, D. Chrismianto, and E. S. Hadi, “Analisa Hambatan Akibat Penambahan Stern Flap Pada Kapal KRI Todak Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD),” vol. 4, no. 4, pp. 758–767, 2016
  6. S. Volume, “Numerical Application to Predict the Resistance and Wave Pattern of KRISO Container Ship,” vol. 67, no. 2, pp. 47–65, 2016
  7. G. Karafiath, D. S. Cusanelli, and C. W. Lin, “Stern wedges and stern flaps for improved powering–US Navy experience,” Trans. - Soc. Nav. Archit. Mar. Eng., vol. 107, pp. 67–99, 1999
  8. D. S. Cusanelli, “Stern flaps - A chronicle of success at sea (1989-2002),” SNAME Innov. Mar. Transp., no. M, pp. 1–16, 2002
  9. F. F. Yuliansyah et al., “Analisa Hambatan Total Dan Lift Force Pada Kapal,” vol. 02, no. 04, pp. 49–57, 2014
  10. C. Mechanics and C. Equation, “Fluid Dynamics : The Navier-Stokes Equations Derivation of the Navier-Stokes Equations,” vol. d, pp. 1–7, 1822

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.