skip to main content

GAMBARAN PENGGUNAAN PENGOBATAN TRADISIONAL, KOMPLEMENTER DAN ALTERNATIF PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI RADIOTERAPI

*Rizal Ryamizard  -  , Indonesia
CH Nawangsih CH Nawangsih  -  , Indonesia
Ani Margawati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Kanker merupakan penyebab kematian tertinggi kedua di dunia. Selain modalitas terapi konvensional, pasien kanker seringkali menggunakan pengobatan tradisoinal, komplementer dan alternatif (TCAM).

Tujuan : Mengetahui proporsi serta gambaran penggunaan pengobatan tradisional, komplementer dan alternatif pada pasien kanker yang menjalani radioterapi.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain belah-lintang. Sampel adalah 97 pasien kanker yang menjalani radioterapi di RSUP Dr. Kariadi Semarang yang diambil secara consecutive sampling. Data mengenai kondisi demografis dan penggunaan TCAM didapatkan dari pengisian kuesioner serta catatan medik pasien.

Hasil : Sebanyak 54 dari 97 (55,67%) pasien kanker yang menjalani radioterapi di RSUP Dr. Kariadi Semarang menggunakan setidaknya satu jenis TCAM. Tidak terdapat kondisi demografis pasien yang berhubungan dengan penggunaan TCAM. Informasi mengenai TCAM yang digunakan pasien, paling banyak (40,74%) berasal dari teman pasien. Jenis TCAM yang paling sering digunakan adalah vitamin, mineral, minyak dan herbal (83,33%). Sebagian besar (62,96%) pasien pengguna TCAM tidak memberitahukan penggunaan TCAM kepada dokter. Sebagian besar (72,22%) pasien pengguna TCAM, memiliki anggota keluarga atau teman yang juga menggunakannya.

Kesimpulan : Proporsi penggunaan TCAM pada pasien kanker yang

Fulltext View|Download
Keywords: kanker, radioterapi, pengobatan tradisional, komplementer dan alternatif.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.