skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA IBU

*Silka Roudhatul Jannah  -  , Indonesia
Donna Hermawati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Kecemasan adalah  perasaan khawatir yang menyebar, tidak menyenangkan, serta tidak jelas,. Dukungan sosial adalah keberadaan orang lain yang dapat diandalkan untuk dimintai bantuan, dorongan, dan penerimaan apabila individu mengalami kesulitan atau masalah. Semakin tinggi tingkat dukungan sosial maka akan sangat mempengaruhi kecemasan ibu dengan anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Tingkat kecemasan diukur menggunakan Zung Self-rating Anxiety Scale. Tingkat dukungan sosial diukur menggunakan Multidimensional Scale of Perceived Social.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat kecemasan pada ibu dengan anak ASD.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan teknik cross-sectional. Subjek dari penelitian ini diambil dari ibu yang memiliki anak Autism Spectrum Disorder (ASD) yang bersekolah di SLB Negeri Semarang. Setelah itu diuji menggunakan uji korelasi Somer’d.

Hasil: Sebanyak 44 subjek, 41 ibu (93,2%) yang mengalami kecemasan ringan, dan terdapat 3 ibu yang mengalami kecemasan sedang (6,8%). Tidak terdapat ibu yang mengalami kecemasan berat atau bahkan panik. Dari tingkat dukungan sosialnya, terdapat 11 ibu (25%) yang mendapatkan dukungan sosial sedang dan 33 ibu (75%) mendapatkan dukungan sosial tinggi, serta tidak didapatkan ibu dengan dukungan sosial rendah. Berdasarkan hasil analisis dengan uji Somers’d tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara tingkat kecemasan dengan tingkat dukungan sosial dengan nilai p sebesar 0,083 (p>0,05)

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan tingkat dukungan sosial pada ibu yang memiliki anak Autism Spectrum Disorder (ASD) yang bersekolah di SLB Negeri Semarang.

Fulltext View|Download
Keywords: Tingkat kecemasan, tingkat dukungan sosial, autism spectrum disorder, ZSAS, MSPS

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.