skip to main content

PERBEDAAN MEMORI JANGKA PENDEK SEBELUM DAN SESUDAH MENDENGARKAN MUSIK SAAT LARI PADA DEWASA MUDA

*Hikmatunnisa Tri Ardyarini  -  , Indonesia
Muflihatul Muniroh  -  , Indonesia
Nani Maharani  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Mendengarkan musik saat berolahraga diketahui dapat menimbulkan efek ergogenik dan mempengaruhi sistem kardiovaskuler. Namun, pengaruh kombinasi keduanya terhadap memori, sebagai salah satu fungsi kognitif yang penting pada proses pembelajaran usia dewasa muda, masih belum diteliti lebih lanjut.

Tujuan: Mengetahui perbedaan memori jangka pendek sebelum dan sesudah mendengarkan musik saat lari pada kelompok dewasa muda.

Metode: Penelitian eksperimental dengan metode pre- dan post-test unequivalent group di Stadion Universitas Diponegoro. Subjek adalah kelompok usia dewasa muda (17-22 tahun) yang pada periode penelitian tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (n=40) dan dipilih secara purposive sampling, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok; kelompok lari selama 30 menit dengan mendengarkan musik (n=20) dan kelompok lari selama 30 menit tanpa medengarkan musik sebagai kontrol (n=20). Memori jangka pendek diukur dengan Scenery Picture Memory Test dan analisis data dilakukan dengan uji t-berpasangan, t-tidak berpasangan, Wilcoxon dan Mann-Whitney.

Hasil: Terdapat perbedaan memori jangka pendek yang bermakna sebelum dan sesudah mendengarkan musik saat lari (p=0,00). Memori jangka pendek setelah lari dengan mendengarkan musik meningkat secara signifikan (p<0,05) dibandingkan dengan kontrol, dengan rerata peningkatan sebesar 5,0 ± 2,66 pada kelompok lari dengan mendengarkan musik dan 3,05 ± 1,76 pada kelompok kontrol.

Kesimpulan: Mendengarkan musik saat lari dapat meningkatkan fungsi memori jangka pendek lebih tinggi dibandingkan dengan lari tanpa mendengarkan musik pada usia dewasa muda.

Fulltext View|Download
Keywords: Memori jangka pendek, lari, musik

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.