skip to main content

HAND SANITIZER EKSTRAK DAUN TREMBESI (Albizia saman (Jacq.) Merr) AROMA ANGGUR SEBAGAI ANTISEPTIK

*Nur Aini Ayu Meiliawati  -  , Indonesia
Naulita Pramanti  -  , Indonesia
Lutfia Zein Amalia  -  , Indonesia
Rizky Indra Puspito  -  , Indonesia
Dwi Retnoningrum  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Daun trembesi merupakan salah satu tanaman yang banyak di Indonesia yang mempunyai kandungan antimikroba. Sediaan hand sanitizer merupakan bentuk sediaan yang dapat digunakan sebagai antiseptik.

Tujuan:  Mengetahui efek ekstrak daun trembesi sebagai antiseptik dalam bentuk hand sanitizer

Metode: Daun trembesi diekstraksi kemudian dibuat menjadi bentuk gel dengan konsentrasi ekstrak daun trembesi 8% dan 10% dan ditambahkan aroma anggur. Kemudian, dilakukan uji antiseptik untuk mengetahui daya antiseptik dari gel tersebut serta dilakukan evaluasi sediaan gel seperti uji organoleptik, uji pH, dan uji homogenitas.

Hasil: Hasil evaluasi sediaan gel, menunjukkan kedua gel yang homogen dan berwarna hijau dengan aroma campuran antara aroma anggur dengan aroma khas daun trembesi. Hasil uji antiseptik didapatkan rata-rata jumlah koloni konsentrasi 8%,10%, kontrol positif dan kontrol negatif adalah 23,66, 35,33, 22,33 dan 78,33.

Simpulan:. Hand sanitizer daun trembesi memiliki daya antiseptik yang lebih lemah dibandingkan dengan gel hand sanitizer yang sudah dijual ke masyarakat.

Fulltext View|Download
Keywords: Hand sanitizer, daun trembesi, uji antiseptik

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.