skip to main content

PENGARUH SENAM SEHAT ANAK INDONESIA TERHADAP KINERJA FUNGSI EKSEKUTIF PADA ANAK DENGAN UNDERWEIGHT

*Riyan Riyan  -  , Indonesia
Erna Setiawati  -  , Indonesia
Meita Hendrianingtyas  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Prevalensi underweight anak di Indonesia tergolong tinggi dan menjadi masalah serius. Status nutrisi yang rendah pada underweight menyebabkan retardasi pertumbuhan, pengurangan sinaps otak, serta mengurangi metabolisme energi pada otak yang berdampak pada penurunan fungsi kognitif dan terjadi penurunan kinerja fungsi eksekutif. Penurunan kinerja fungsi eksekutif berdampak pada penurunan konsentrasi dan kemampuan belajar sehingga terjadi penurunan pada prestasi akademik anak. Kinerja fungsi eksekutif dapat ditingkatkan dengan cara melakukan latihan fisik, dimana Senam Sehat Anak Indonesia merupakan salah satu bentuk latihan fisik aerobik yang telah dievaluasi oleh Pusat Penelitian Olahraga Nasional Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia layak untuk diterapkan sebagai materi senam untuk siswa SD dan SMP.

Tujuan: Membuktikan Senam Sehat Anak Indonesia dapat meningkatkan kinerja fungsi eksekutif pada anak dengan underweight.

Metode: Penelitian eksperimental one group pre and post design di SDN Tembalang, Semarang pada 12 anak underweight berusia 9 tahun di SDN Tembalang. Kinerja fungsi eksekutif diukur dengan Symbol Digit Modality Test. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji T-berpasangan.

Hasil: Rerata kinerja fungsi eksekutif sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan Senam Sehat Anak Indonesia adalah sebesar 34,25 ± 7,30 dan 39,75 ± 10,39. Terdapat perbedaan bermakna pada rerata sebelum dan sesudah perlakuan dengan p = 0,02.

Simpulan: Perlakuan Senam Sehat Anak Indonesia selama 6 minggu atau 12 kali dengan frekuensi 2 kali per minggu memberikan perbedaan yang bermakna antara sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan, dimana kinerja fungsi eksekutif setelah diberikan perlakuan lebih tinggi.

Fulltext View|Download
Keywords: Kinerja fungsi eksekutif, Senam Sehat Anak Indonesia, Symbol Digit Modality Test (SDMT).

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.