skip to main content

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK KUNYIT (Curcuma domestica Val.) PADA KERUSAKAN SEL GASTER TIKUS WISTAR YANG DIINDUKSI FORMALIN


Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Formalin pada umumnya digunakan sebagai pengawet mayat, bahan baku industri, parfum dan lainnya. Namun formalin sering disalahgunakan sebagai pengawet makanan. Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masak dan obat tradisional. Pada ekstrak kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi dan memperbaiki sel dari kerusakan radikal bebas.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efek pemberian ekstrak kunyit pada kerusakan sel gaster tikus wistar yang diinduksi formalin.

Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental laboratorik dengan rancangan Post Test Only Control Group Design yang menggunakan tikus wistar sebagai hewan coba.

Hasil: Pengamatan seluruh lapangan pandang dilakukan dengan perbesaran 100x lalu menentukan daerah yang diamati di mukosa gaster dengan perbesaran 400x untuk menentukan derajat kerusakan mukosa gaster. Hasil pemeriksaan mikroskopis menunjukkan adanya deskuamasi dan erosi. Pemeriksaan mikroskopis gaster pada kelompok kontrol negatif menunjukan sebagian besar sel gaster memiliki kerusakan berupa deskuamasi dan erosi. Tidak ada sampel yang mengalami ulserasi pada penelitian ini. 

Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang bermakna dari pemberian ekstrak kunyit (Curcuma domestica Val.) terhadap kerusakan sel gaster akibat paparan formalin.

Fulltext View|Download
Keywords: Ekstrak kunyit, Formalin, Kerusakan sel gaster

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.