skip to main content

PENGARUH HIGIENE PERORANGAN TERHADAP PREVALENSI TERJADINYA PENYAKIT SCABIES DI PONDOK PESANTREN MATHOLIUL HUDA AL KAUTSAR KABUPATEN PATI

Prasetyowati Subchan  -  , Indonesia
Aryoko Widodo  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Di Indonesia, angka kejadian penyakit skabies mencapai 5,6-12,95%. Pesantren sebagai tempat yang sering didapati higiene perorangan kurang memadai, tentu menjadi tempat yang sesuai untuk penularan penyakit skabies. Angka kejadian skabies sendiri di Pondok Pesantren di Demak mencapai 45,5%.

Tujuan : Mengetahui pengaruh higiene perorangan  terhadap angka kejadian penyakit skabies di Pondok Pesantren Matholiul Huda Al-Kautsar Kabupaten Pati.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional. Subjek penelitian adalah 46 santri yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi di Pondok Pesantren Matholiul Huda Al-Kautsar Kabupaten Pati. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan uji chi-square.           

Hasil : 38 santri (82,6%) memiliki kebiasaan praktik higiene perorangan yang buruk dan 8 santri (17,4%) memiliki kebiasaan praktik higiene perorangan yang baik. Dari 46 santri ditemukan 39 santri (84,8%) yang menderita skabies.Dengan uji chi-square didapatkan nilai p sebesar 0,020 (p < 0,05) maka secara statistik terdapat pengaruh yang signifikan antara praktik higiene perorangan dengan kejadian skabies. Hasil perhitungan Prevalence Ratio ( PR ) diperoleh nilai 1,6 ( Confidence Interval (CI) 95% = 0,9-2,9). Sehingga dapat disimpulkan bahwa santri yang praktik kebersihan higiene peroranganya buruk mempunyai risiko 1,6 kali lebih tinggi untuk menderita skabies dibanding dengan santri yang praktik higiene perorangannya baik.

Kesimpulan : Ada pengaruh yang signifikan antara praktik higiene perorangan dan kejadian skabies di Pondok Pesantren Matholiul Huda Al-Kautsar Kabupaten Pati.

Fulltext View|Download
Keywords: skabies, higiene perorangan, pondok pesantren

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.