skip to main content

HUBUNGAN LINGKAR PERGELANGAN TANGAN, RASIO LINGKAR PINGGANG TERHADAP TINGGI BADAN DENGAN PROFIL LEMAK PADA REMAJA USIA 16-18 TAHUN

Etisa Adi Murbawani  -  , Indonesia
Binar Panunggal  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Dislipidemia adalah kondisi abnormalitas kadar lemak dalam darah. Kondisi ini berkaitan erat dengan sindroma metabolik sehingga sering dikaitkan dengan kondisi obesitas. Prevalensi sindroma metabolik di Indonesia menurut Riskesdas 2013 adalah 2,1%. Skrining untuk sindroma metabolik dapat menggunakan berbagai metode, salah satunya yang sedang dikembangkan adalah pengukuran lingkar pergelangan tangan dan rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan. Pengukuran lingkar pergelangan tangan dan rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan pada remaja diharapkan dapat memprediksi kondisi dislipidemia.

Tujuan: Mengidentifikasi hubungan antara lingkar pergelangan tangan dan rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan dengan kadar profil lemak pada remaja usia 16-18 tahun.

Metode: Penelitian ini dilakukan kepada 61 subjek dengan usia 16-18 tahun yang merupakan siswa SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode belah lintang (cross sectional). Variabel bebas pada penelitian ini adalah lingkar pergelangan tangan dan rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan sedangkan variabel terikatnya adalah profil lemak yang terdiri darai kolesterol, trigliserida, LDL dan HDL.

Hasil: Rasio antara lingkar pinggang terhadap tinggi badan tidak memiliki korelasi dengan kolesterol (p=0,106), trigliserida (p=0,187), LDL (p=0,061) dan HDL (p=0,105). Lingkar pergelangan tangan berkorelasi dengan kadar trigliserida (p=0,045) dan HDL (p=0,022) namun tidak memiliki hubungan dengan kadar kolesterol (p=0,145) dan LDL (p=0,181).

Simpulan: Rasio lingkar pinggang tidak berhubungan dengan profil lemak sedangkan lingkar pergelangan tangan berhubungan dengan trigliserida dan HDL.

Fulltext View|Download
Keywords: Remaja, Lingkar pergelangan tangan, rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan, kolesterol, trigliserida, HDL, LDL

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.