skip to main content

EFEKTIVITAS EKSTRAK ALGA COKLAT (SARGASSUM SP.) 2% DALAM PELEMBAB PADA KULIT KERING

*Tesha Kurnia  -  , Indonesia
Retno Indar Widayati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Kerusakan pada kulit akan berdampak pada terjadinya kulit kering. Pelembab digunakan sebagai tatalaksana pada kulit kering yang ada masih banyak terbuat dari bahan sintesis yang dapat menimbulkan efek samping dalam pemakaian jangka panjang. Alga coklat (Sargassum sp.) mengandung berbagai bahan aktif seperti alginat dan fukosantin yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pelembab. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian mengenai efektivitas ekstrak alga coklat (Sargassum sp) 2% dalam pelembab pada kulit kering.

Tujuan: Menganalisa efektivitas ekstrak alga coklat (Sargassum sp) 2% dalam pelembab pada kulit kering.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pre test post test control group design. Subjek penelitian berjumlah 56 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok perlakuan diberi pelembab dengan ekstrak alga coklat (Sargassum sp.) 2% sedangkan kelompok kontrol hanya diberikan pelembab tanpa ekstrak alga coklat. Uji statistik menggunakan uji Mann Whitney dan uji Wilcoxon.

Hasil: Rata-rata usia subjek pada kelompok perlakuan dan kontrol adalah 20 tahun. Tidak terdapat perbedaan usia bermakna antara kedua kelompok (p=0,615). Uji Mann Whitney rerata skor ODS kelompok perlakuan dan kontrol pada awal maupun akhir penelitian didapatkan hasil yang tidak bermakna (p>0,05). Perbedaan skor ODS awal dan akhir penelitian pada kelompok perlakuan maupun kontrol dengan uji Wilcoxon didapatkan hasil yang bermakna (p<0,05).

Simpulan: Pelembab dengan ekstrak alga coklat (Sargassum sp) 2% efektif menurunkan derajat kulit kering.

Fulltext View|Download
Keywords: ekstrak alga coklat (Sargasum sp.) 2%, pelembab, kulit kering

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.