skip to main content

HUBUNGAN ANTARA LAMANYA PAPARAN BISING DENGAN GANGGUAN FISIOLOGIS DAN PENDENGARAN PADA PEKERJA INDUSTRI TEKSTIL

*Rona Elfiza  -  , Indonesia
Dwi Marliyawati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang:  Teknologi dalam industri diterapkan untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan hasil kerja. Mesin-mesin dalam industri tekstil merupakan terapan dari teknologi canggih yang biasa digunakan selain pemakaian tenaga sumber daya manusia. Mesin-mesin yang beroperasi tidak hanya memberi keuntungan, namun terdapat dampak negatif berupa limbah, zat-zat beracun, polutan udara dan juga suara bising.

Tujuan: mengetahui apakah ada hubungan paparan bising dengan gangguan fisiologis dan pendengaran pada pekerja pabrik tekstil PT. Panca Tunggal Jaya Semarang.

Metode: Metode penelitian ini adalah studi cross sectional, Subjek penelitian adalah pekerja pabrik tekstil PT. Panca Tunggal Jaya Semarang dengan populasi 42 orang, Sampel penelitian diambil secara consecutive random sampling, penelitian ini menggunakan data tekanan darah, nadi dan tes fungsi pendengaran dengan alat OAE. Analisis bivariate dilakukan uji Chi-square dengan signifikan p<0.05.

Hasil: Pada hasil penelitian ini kasus hipertensi,takikardi  banyak terdapat pada pekerja pabrik tesktil yang bekerja kurang dari 5 tahun dengan 5 sampel (23,8%),3 sampel (14,3%). Gangguan pendengaran hasil nya sama dengan 40 sampel (95,2%) . berdasarkan uji hipotesis terdapat  perbedaan yang bermakna pada tekanan darah (p=0,017). Sedangkan variable lain tidak bermakna secara statistik.

Simpulan: terdapat hubungan yang bermakna antara lamanya paparan bising dengan perubahan tekanan darah. Perbedaan hubungan antara lamanya paparan bising dengan perubahan denyut nadi dan pendengaran pada pekerja pabrik tekstil adalah tidak bermakna secara statistik.

Fulltext View|Download
Keywords: bising,tekanan darah,nadi,gangguan pendengaran

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.