skip to main content

HUBUNGAN PARTISIPASI KELAS IBU HAMIL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI PERSALINAN PADA IBU HAMIL RISIKO TINGGI

*Rizki Nursofyanto Nugroho  -  , Indonesia
Ratnasari Dwi Cahyanti  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang   Kehamilan risiko tinggi dapat menimbulkan kecemasan bagi ibu dan keluarga karena ibu mengalami kekhawatiran dengan kondisi janin dalam kandungan yang disebabkan komplikasi yang menyertai kehamilan. Kecemasan pada ibu hamil risiko tinggi salah satunya disebabkan oleh kurangnya informasi mengenai kondisinya. Kelas ibu hamil merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil.

Tujuan  Untuk mengetahui hubungan partisipasi kelas ibu hamil dengan tingkat kecemasan mengahadapi persalinan pada ibu hamil risiko tinggi.

Metode  Penelitian observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret – April 2016 kepada ibu hamil risiko tinggi dengan jumlah sampel didapatkan 48. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner, meliputi kartu skor Poedji Rochjati, kuesioner data partisipasi kelas ibu hamil dan kuesioner tingkat kecemasan menghadapi persalinan. Analisa dengan menggunakan uji Spearman dengan kemaknaan p<0,05.

Hasil  Karakteristik responden mayoritas berada pada rentang usia 20 -35 tahun (72,9%), pendidikan Sekolah Dasar (45,8%), multigravida (50%), partisipasi kelas ibu hamil sebanyak tiga kali (33,3%), dan kecemasan berat (56,3%). Hasil analisa bivariat menunjukan hubungan tidak signifikan antara usia (p=0,086), pendidikan (p=0,238), paritas (p=0,357), riwayat obstetri (p=0,287) dengan kecemasan menghadapi persalinan. Hasil analisa  bivariat  menunjukan hubungan signifikan antara tingkat partisipasi kelas ibu hamil dengan tingkat kecemasan menghadapi persalinan (p < 0,01).

Kesimpulan Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat partisipasi kelas ibu hamil dengan tingkat kecemasan menghadapi persalinan pada ibu hamil risiko tinggi.

Fulltext View|Download
Keywords: ibu hamil risiko tinggi, kecemasan, kelas ibu hamil

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.