skip to main content

HUBUNGAN ANTARA ASUPAN KARBOHIDRAT DENGAN PROFIL LIPID PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER

*Risky Wijaya Utami  -  , Indonesia
Sefri Noventi Sofia  -  , Indonesia
Etisa Adi Murbawani  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar  Belakang:  Konsumsi makanan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan peningkatan pembentukan asetil-KoA dari proses dekarboksilasi fosforilasi dan meningkatkan pembentukan kolesterol serta trigliserida yang merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara asupan karbohidrat dengan profil lipid (kolesterol total, kolesterol HDL, kolesterol LDL, dan trigliserida) pada pasien penyakit jantung koroner.

Metode: Penelitian menggunakan desain belah lintang. Subjek penelitian adalah 32  orang berusia 35-64 tahun yang berobat di RSUP Dr. Kariadi. Data primer diperoleh dengan wawancara menggunakan Semiquantitative Food Frequency Questionnaire (SQFFQ) dan Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ), sedangkan data sekunder diperoleh dari data rekam medis subjek penelitian. Uji normalitas data menggunakan uji Saphiro Wilk. Uji bivariat menggunakan uji korelasi Pearson, Independent sampel T-test dan One way anova, sedangkan untuk uji multivariat menggunakan uji regresi linear.

Hasil: Uji korelasi Pearson untuk hubungan antara asupan karbohidrat dengan profil lipid (kolesterol total, kolesterol HDL, kolesterol LDL, dan trigliserida) menunjukkan nilai p sebesar 0,051; 0,771; 0,106; 0,143 yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan bermakna antara asupan karbohidrat dengan profil lipid. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa kadar kolesterol total dipengaruhi oleh aktivitas fisik, tetapi untuk kadar kolesterol HDL, kolesterol LDL, dan trigliserida tidak dipengaruhi oleh variabel asupan makanan dan aktivitas fisik.

Simpulan:  Asupan karbohidrat tidak berhubungan dengan profil lipid pada pasien jantung koroner.

 

Fulltext View|Download
Keywords: asupan karbohidrat, profil lipid, penyakit jantung koroner, kolesterol total, kolesterol HDL, kolesterol LDL, trigliserida.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.