skip to main content

PEMBERIAN JUS BROKOLI KUKUS (BRASSICA OLERACEA L. VAR ITALICA) UNTUK MENURUNKAN KADAR MALONDIALDEHID DARAH TIKUS DENGAN AKTIVITAS FISIK MAKSIMAL

*Ozi Rahmat Firdaus  -  , Indonesia
Enny Probosari  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang : Aktivitas fisik maksimal dapat meningkatkan produksi radikal bebas di dalam tubuh. Jika laju peningkatan radikal bebas melebihi kapasitas pertahanan antioksidan tubuh maka radikal bebas dapat menyerang membran lipid sel sehingga terbentuk berbagai produk akhir seperti malondialdehid (MDA). Brokoli (Brassica oleracea L. var italica) mengandung antioksidan alami seperti vitamin, karotenoid, dan flavonol glycoside yang dapat meredam efek buruk dari radikal bebas.

Tujuan : Mengetahui pengaruh jus brokoli kukus (Brassica oleracea L. var italica) dalam menurunkan kadar MDA darah tikus dengan aktivitas fisik maksimal.

Metode : Penelitian ini merupakan true experimental dengan desain post test only control group. Penelitian ini menggunakan 18 ekor tikus yang dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok J0A0 diberi pakan standar, kelompok J0A1 diberi pakan standar dan aktivitas fisik maksimal, dan kelompok J1A1 diberi pakan standar, jus brokoli kukus dan aktivitas fisik maksimal. Keluaran (outcome) dari penelitian ini adalah kadar MDA darah tikus.

Hasil : Pada Uji One-way ANOVA didapatkan tidak adanya perbedaan kadar MDA yang bermakna pada 3 kelompok dengan nilai p=0,966 (p>0,05). Kadar MDA pada setiap kelompok adalah kelompok J0A0 sebesar 12,66 nmol/ml, kelompok J0A1 sebesar 12,90 nmol/ml, dan kelompok J1A1 sebesar 12,77 nmol/ml.

Kesimpulan : Terdapat perbedaan kadar MDA sebesar 1 % antara tikus dengan aktifitas fisik maksimal yang diberi jus brokoli kukus dosis 35 mg/gramBB dibandingkan tikus dengan aktifitas fisik maksimal yang tidak diberi jus brokoli kukus namun tidak signifikan.

Fulltext View|Download
Keywords: Jus brokoli kukus, Aktivitas fisik maksimal, MDA darah

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.