skip to main content

UJI EFEKTIVITAS ANTIMIKROBA EKSTRAK BIJI PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN ESCHERICHIA COLI SECARA IN VITRO

*Noor Jaipah  -  , Indonesia
Indah Saraswati  -  , Indonesia
Rebriarina Hapsari  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Resistensi antibiotik terhadap Escherichia coli mulai meningkat karena menurunnya efektivitas obat antibakteri, sehingga perlu antibakteri alternatif. Penelitian ini menguji efek antibakteri biji pepaya. Senyawa alami ekstrak biji pepaya ini diharapkan mampu mengatasi resistensi antibiotik.

Tujuan : Menguji efektivitas antimikroba ekstrak biji pepaya terhadap pertumbuhan Escherichia coli secara in vitro.

Metode : Penelitian eksperimental laboratorium dengan post test only control group design. Jumlah sampel 35 media MHA yang dibagi menjadi 7 kelompok perlakuan. Lima kelompok diantaranya diberikan ekstrak biji pepaya dengan konsentrasi berturut 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50%, 1 kelompok berupa media MHA dan suspensi Escherichia coli (kontrol positif), dan 1 kelompok lain berupa media MHA ditambah ekstrak biji pepaya konsentrasi 50% (kontrol negatif), dilanjutkan dengan menanam Escherichia coli 1x104 CFU. Sampel diinkubasi selama 18-24 jam pada suhu 37oC. Analisis statistik menggunakan uji Kruskal-wallis dilanjutkan uji post hoc Mann-whitney.

Hasil : Pertumbuhan Escherichia coli  didapatkan pada kelompok 10%, 20% dan kontrol positif dan tidak didapatkan pada kelompok 30%, 40%, 50% dan kontrol negatif. Uji Kruskal-wallis dilanjutkan dengan Mann-whitney menunjukkan perbedaan bermakna (p=0,003) antara kelompok 10%, 20% dan kontrol positif dengan kelompok 30%, 40%, 50% dan kontrol negatif.

Kesimpulan : Ekstrak biji pepaya knsentrasi 30%, 40%, dan 50% memiliki efektivitas antimikroba terhadap pertumbuhan Escherichia coli secara in vitro.

Fulltext View|Download
Keywords: Efektivitas antibakteri, ekstrak biji pepaya, Escherichia coli

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.