skip to main content

PENGARUH PENYULUHAN SATU LAWAN SATU TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL MENGENAI ANEMIA DI SEMARANG

*Ni Putu Risa Egryani  -  , Indonesia
Fanti Saktini  -  , Indonesia
Vannya Dewi Puspitasari  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Insidensi anemia di Semarang terus meningkat. Upaya promotif dan preventif melalui penyuluhan mengenai anemia diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil guna menurunkan kejadian anemia. Penyuluhan menggunakan metode pendekatan individu (satu lawan satu) dengan menggunakan pamflet jarang dilakukan, sehingga penelitian mengenai metode penyuluhan ini perlu dilaksanakan.

Tujuan: Mengetahui pengetahuan ibu hamil mengenai anemia sebelum dan setelah diberikan penyuluhan, serta mengetahui apakah terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah penyuluhan satu lawan satu menggunakan pamflet.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental tanpa kelompok control. Subjek penelitian merupakan ibu hamil di wilayah Puskesmas Gayamsari Semarang yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu hasil pengisian kuesioner dan wawancara.

Hasil: Sebanyak 48 subjek penelitian diperoleh dari kunjungan antenatal care (ANC) dan home visit. Didapatkan skor pengetahuan pre-intervensi 10(5-21), sedangkan skor post-intervensi 24(9-33) (p<0,05).  Variabel perancu (usia, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, riwayat anemia) tidak berhubungan secara bermakna dengan skor pengetahuan post-intervensi.

Simpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna antara pengetahuan ibu hamil mengenai anemia sebelum dan setelah penyuluhan satu lawan satu menggunakan pamflet, namun tidak terdapat korelasi yang bermakna antara variabel perancu dengan skor pengetahuan post-intervens.

Fulltext View|Download
Keywords: penyuluhan satu lawan satu, pengetahuan anemia, ibu hamil.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.