skip to main content

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI GARAM BERYODIUM PADA IBU RUMAH TANGGA DI DESA GEMBONG KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI

*Hesti Mustiko Rini  -  , Indonesia
Dodik Pramono  -  , Indonesia
Arwinda Nugraheni  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Rendahnya konsumsi garam beryodium di daerah yang dekat dengan pantai serta menjadi salah satu tempat endemis GAKY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi garam beryodium.

Metode : Penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sampel yang yang menjadi subjek penelitian yaitu semua ibu rumah tangga dengan metode Simple Random Sampling. Faktor yang mempengaruhi konsumsi garam beryodium dinilai melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di dalam kuesioner.  

Hasil : Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 205 ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Gembong Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Hasil analisis uji hubungan didapatkan hubungan yang signifikan antara pendidikan (p=0,04), pengetahuan (0,002), sikap (0,002) dengan tingkat konsumsi garam beryodium didapatkan hubungan yang signifikan. Sedangkan hasil analisis uji hubungan antara distribusi garam beryodium (p=0,999), harga garam beryodium (p=0,762), pendapatan keluarga (0,387) dan dengan konsumsi garam beryodium didapatkan hubungan yang tidak signifikan. Faktor yang berpengaruh dalam penelitian ini yaitu pendidikan, pengetahuan ibu dan sikap ibu dengan faktor yang paling dominan dalam penelitian ini yaitu faktor pengetahuan (p=0,002).

Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan, pengetahuan, dan sikap ibu dengan tingkat konsumsi garam beryodium. Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara distribusi garam beryodium, harga garam beryodium dan pendapatan keluarga per bulan dengan tingkat konsumsi garam beryodium. Faktor yang berpengaruh dalam penelitian ini yaitu pendidikan, pengetahuan ibu dan sikap ibu dengan faktor yang paling dominan dalam penelitian ini yaitu faktor pengetahuan.

Fulltext View|Download
Keywords: faktor pengaruh konsumsi garam beryodium

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.