skip to main content

KORELASI LUAS AREA WHARTON’S JELLY DENGAN LUARAN BERAT LAHIR BAYI PADA KEHAMILAN CUKUP BULAN

*Alem Pramudita Wibowo  -  , Indonesia
Besari Adi Pramono  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang   Berat lahir bayi merupakan salah satu indikator penting yang berkaitan dengan angka mortalitas dan morbiditas bayi. Berat  lahir bayi sangat bergantung dengan asupan nutrisi  dari tali pusat pada masa kehamilan. Wharton’s jelly adalah komponen penyusun terbesar dari tali pusat.

Tujuan   Mengetahui korelasi luas area Wharton’s jelly dengan luaran berat lahir bayi pada kehamilan cukup bulan.

Metode  Penelitian ini merupakan sebuah studi observasional analitik dengan rancangan belah lintang. Sampel penelitian adalah tali pusat dari bayi dengan kehamilan tunggal dan memiliki usia kehamilan cukup bulan. Data diambil dengan cara purposive sampling kemudian pembacaan dan pengukuran luas area Wharton’s jelly dilakukan secara mikroskopis. Uji statistik menggunakan uji Pearson.

Hasil   Dari 35 data dan sampel talipusat yang terkumpul, 29 data dan sampel memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Rerata luas area Wharton’s jelly pada kehamilan cukup  bulan dengan berat lahir normal adalah 56,077 ± 19,537 mm2. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan secara statistik antara luas area Wharton’s jelly dengan luaran berat lahir bayi pada kehamilan cukup bulan (p=0,041).

Kesimpulan   Terdapat korelasi antara luas area Wharton’s jelly dengan luaran berat lahir bayi pada kehamilan cukup bulan.

Fulltext View|Download
Keywords: luas area, Wharton’s jelly, berat lahir bayi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.