skip to main content

PENGARUH OLAHRAGA ANGKAT BEBAN TERHADAP TEKANAN INTRAOKULER

*Aldwin Arwidyardi Sukahar  -  , Indonesia
Maharani Maharani  -  , Indonesia
Riski Prihatningtias  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Tekanan intraokuler (TIO) akan meningkat dengan signifikan pada saat melakukan angkat beban. Pada saat mengangkat beban terjadi efek menahan  nafas seperti pada valsava manuver sehingga terjadi peningkatan TIO. Maka peneliti ingin mengetahui pengaruh olahraga angkat beban terhadap TIO.           

Tujuan : Mengetahui pengaruh olahraga angkat beban terhadap TIO.                         

Metode : Observasional analitk dengan pemilihan sampel  consecutive sampling. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 34 orang. Setiap sampel sebelum melakukan olahraga angkat beban ditetesi obat tetes mata anestesi lokal Panthocain hydrochloride 0,5 %. Sampel penelitian melakukan angkat beban sebanyak 4 set dan setiap setnya nya pengukuran TIO masing masing sampel diukur menggunakan tonopen – xl setelah selesai set ke 4 ditetesi obat tetes mata gentamisin 0,3 %. Penelitian ini dianalisis uji t beda berpasangan , setelah menentukan uji normalitas data dan mendapatkan hasil distribusi yang tidak normal,maka menggunakan ujiWilcoxon.                                                        

Hasil : Perbandingan antara pre set dengan set ke 1, set ke 2, dan set ke 3 didapatkan  tidak bermakna ( P > 0,05) sedangkan perbandingan antara pre set dengan set ke 4 didpatkan bermakna (p < 0,05).

Simpulan : TIO dapat menurun setelah melakukan olahraga angkat beban

Fulltext View|Download
Keywords: Tekanan Intraokuler (TIO) , Angkat beban

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.