skip to main content

PENGARUH BERMAIN VIDEO GAME KINETIK SIMULASI TARI SEBAGAI EXERGAME TERHADAP KELINCAHAN

*Sarah Fauzianisa  -  , Indonesia
Tanjung Ayu Sumekar  -  , Indonesia
Arinta Puspita Wati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang Exergame mengharuskan pemainnya untuk menggerakkan fisiknya secara aktif. Simulasi tari merupakan exergame yang populer dan menuntut pemainnnya untuk memiliki koordinasi visual dan motorik, dengan salah satu parameter yang bisa diukur untuk mengevaluasi adalah kelincahan.
Tujuan Membuktikan pengaruh bermain video game kinetik simulasi tari terhadap kelincahan.
Metode Penelitian eksperimental dengan two-groups pre-test and post-test design ini dilakukan di Semarang pada bulan Januari 2016 terhadap 18 mahasiswi FK yang dibagi menjadi 9 subjek kelompok perlakuan dengan latihan bermain exergame selama 30 menit, 2 kali tiap minggu dan 9 subjek kelompok kontrol tanpa exergame. Pengambilan data terhadap kedua kelompok dilakukan pada minggu ke-0 dan akhir minggu ke-8.
Hasil Kelompok yang bermain exergame memiliki rerata kelincahan yang lebih baik (17,8±1,68 detik pre, 12,0±1,06 detik post; p=0,008) dibandingkan kelompok tanpa exergame (17,7±1,91 detik pre, 16,9±1,65 detik post; p=0,008). Nilai post-test kelincahan kelompok perlakuan juga lebih baik (12,0±1,06 vs 16,9±1,65 detik; p<0,001). Kelompok perlakuan juga memiliki indeks kelincahan yang lebih baik yaitu 7(38,9%) subjek dengan nilai sangat baik dan 2(11,1%) subjek dengan nilai di atas rata-rata, sementara pada kelompok kontrol, 7(38,9%) subjek tergolong rata-rata dan 2(11,1%) tergolong rata-rata. (p<0,001).
Kesimpulan Bermain video game kinetik simulasi tari sebagai exergame berpengaruh terhadap kelincahan. Terdapat perbedaan kelincahan yang bermakna antara mahasiswi yang bermain exergame dengan yang tidak.
Fulltext View|Download
Keywords: video game kinetik, simulasi tari, exergame, kelincahan, fungsi kognitif

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.