skip to main content

PERBEDAAN EFEK SEDUHAN KULIT DAN JUS BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDL SERUM TIKUS SPRAGUE DAWLEY DISLIPIDEMIA

*Rani Puspita  -  , Indonesia
Martha Ardiaria  -  , Indonesia
Ahmad Syauqy  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Dislipidemia adalah keadaan ketidaknormalan kadar lemak dalam darah. Buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) mengandung polifenol, antioksidan dan serat dalam jumlah tinggi. Polifenol mempunyai kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol LDL pada manusia dan tikus.
Tujuan : Mengetahui perbedaan efek seduhan kulit dan jus buah naga merah terhadap kadar kolesterol LDL serum tikus Sprague dawley dislipidemia.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pre and posttest control group design. Sampel adalah 24 ekor tikus Sprague dawley dengan kriteria tertentu, dibagi secara acak menjadi 4 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif yang hanya diberi pakan standar, kontrol positif diberikan pakan standar dan pakan tinggi kolesterol, dua kelompok perlakuan diberikan pakan standar, pakan tinggi kolesterol, seduhan kulit 9,08g/200gbb tikus dan jus buah naga merah 1,53g/200gbb tikus, pemberian intervensi diberikan selama 14 hari. Kadar LDL diperiksa dengan metode CHOD-PAP dan GPO-PAP. Data dianalisis dengan uji Paired t-test dan Anova
Hasil : Tidak terdapat perbedaan bermakna sebelum dan setelah intervensi pada kelompok K(-). Namun terdapat perbedaan bermakna sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok K(+), P1, dan P2. Pemberian seduhan kulit dan jus buah naga mera selama 14 hari dapat menurunkan kadar LDL (43,33 ± 3,65) dan (27.56±8,01). Setelah intervensi terdapat perbedaan rerata kadar LDL antar kelompok p=0,000 kecuali K(-) dengan seduhan kulit p=0,640.
Simpulan : Pemberian seduhan kulit dengan dosis 9,08g/2000gbb tikus dan jus buah naga merah 1,53g/200gbb tikus selama 14 hari dapat menurunkan kadar LDL pada tikus sprague dawley jantan sebesar 43,33 ± 3,65 dan 27.56±8,01.
Fulltext View|Download
Keywords: LDL, dislipidemia, seduhan kulit dan jus buah naga merah

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.