skip to main content

PERBANDINGAN INDEKS KOIL TALI PUSAT PADA KEHAMILAN PREEKLAMPSIA BERAT DAN NORMOTENSI

*Prika Maulina Agaristi  -  , Indonesia
Besari Adi Pramono  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Preeklampsia termasuk dalam tiga besar penyebab kematian ibu, menurut WHO juga Direktorat Kesehatan Ibu Indonesia dan Dinkes Kota Semarang. Pada preeklampsia terjadi plasentasi abnormal, yaitu tidak terjadinya invasi sel-sel trofoblas pada lapisan otot arteri spiralis dan jaringan matriks sekitarnya. Akibatnya, arteri spiralis relatif mengalami vasokonstriksi, sehingga aliran darah uteroplasenta menurun. Insufisiensi aliran darah uteroplasenta akan mengakibatkan peningkatan resistensi vaskular. Terdapat hubungan yang signifikan antara laju aliran vena umbilikalis dengan indeks koil tali pusat. Indeks koil tali pusat dapat dijadikan sebagai salah satu indikator luaran perinatal buruk (berkaitan dengan preeklampsia, usia ekstrim, GDM, dan lain-lain).
Tujuan : Mengetahui adanya perbedaan indeks koil tali pusat pada preeklampsia berat dengan normotensi.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan belah lintang. Data yang digunakan adalah data primer dari pengamatan makroskopis pada tali pusat berupa pengukuran panjang tali pusat dan penghitungan jumlah koil pada tali pusat. Sampel terdiri dari 30 subjek, 14 preeklampsia berat (kelompok kasus) dan 16 kehamilan kontrol (kelompok kontrol) di beberapa rumah sakit dan puskesmas di Semarang. Analisis menggunakan uji Mann Whitney.
Hasil : Pada uji Mann-Whitney didapatkan perbedaan indeks koil tali pusat yang bermakna antara preeklampsia berat dan kehamilan normotensi (p=0,009). Indeks koil tali pusat pada preeklampsia berat (0,3709 ± 0,21637 koil/cm) lebih rendah dibandingkan pada kehamilan normotensi (0,4034 ± 0,04118 koil/cm).
Kesimpulan : Terdapat perbedaan indeks koil tali pusat pada preeklampsia berat dan kehamilan normotensi.
Fulltext View|Download
Keywords: preeklampsia berat, indeks koil tali pusat.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.