skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK PRODUK X SEBAGAI ANTIINFLAMASI PADA TIKUS JANTAN GALUR WISTAR

Noor Wijayahadi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang: Indonesia adalah salah satu negara yang masih menggunakan tanaman untuk menyembuhkan suatu penyakit. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki sekitar 30.000 tanaman dan 7.000 diantaranya adalah tanaman obat. Produk X adalah salah satu contoh jamu yang dikembangkan dari tanaman obat yang mampu berperan sebagai antiinflamasi. Inflamasi merupakan suatu respon protektif tubuh terhadap benda asing yang menyebabkan jejas.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ektrak produk x sebagai antiinflamasi pada tikus jantan galur wistar..
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan design randomized control group pre-post test design. Sampel sebanyak 24 ekor tikus yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, kemudian dibagi dalam 4 kelompok. Keempat kelompok mendapat injeksi λ-karagenan subplantar. Kelompok konttrol pembanding diinterensi dengan Na Diklofenak dan Kelompok perlakuan diintervensi dengan Produk X via sonde oral setelah terjadi edema. Uji Statistik menggunakan uji Oneway Anova, Kruskal-wallis, dan Mann Witney.
Hasil penelitian: Pada uji Paired t-Test dan Wilcoxon terdapat perbedaan signifikan antar semua kelompok baik kelompok kontrol positif, kontrol pembanding dan perlakuan. Pada uji Mann-Whitney, terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol positif dengan kelompok pembanding dan perlakuan.
Kesimpulan: Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Produk X dapat menekan inflamasi yang terjadi pada Tikus Wistar Jantan
Fulltext View|Download
Keywords: Inflamasi, Produk X, λ-karagenan, Na Diklofenak

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.