skip to main content

PERBANDINGAN RERATA PENGETAHUAN GURU DAN MURID SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN TENTANG KEKERASAN ANAK DI SEKOLAH SEBELUM DAN SETELAH SEMINAR PEMBERDAYAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH

*Nur Aini  -  , Indonesia
Sigit Kirana Lintang Bhima  -  , Indonesia
Tuntas Dhanardhono  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang : Kekerasan terhadap anak adalah semua bentuk tindakan atau pelakuan menyakitkan secara fisik ataupun emosional. Upaya melakukan pencegahan daan penanganan kasus kekerasan terhadap anak, sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam berbagai bentuk lembaga atau organisasi sosial seperti sekolah. Selain program pencegahan, sekolah juga harus melaksanakan program penanganan kekerasan. Untuk berjalannya program-program tersebut, maka perlu kebijakan sekolah yang bebas dari segala bentuk kekerasan yaitu dengan cara mengaktifkan Usaha Kesehatan Sekolah yang disusun dan disosialisasikan bersama anak didik.
Tujuan : Mengetahui pengetahuan guru dan murid Sekolah Menenegah Atas dan kejuruan tentang kekerasan anak di sekolah sebelum dan setelah seminar pemberdayaan Usaha Kesehatan Sekolah.
Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimental one group pretest post test design. Untuk mengetahui normalitas menggunakan dengan uji Saphiro-Wilk, kemudian untuk uji hipotesisnya menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil : Rata-rata nilai pretest responden tentang kekerasan sebesar 78.00 dan rata-rata nilai post test responden tentang kekerasan 87.11. Untuk pengetahuan tetang Usaha Kesehatan Sekolah, rata-rata nilai pretest responden sebesar 74.66, naik menjadi 86.44. Selanjutnya di lakukan uji beda berpasangan Wilcoxon antara pre dan post didapatkan nilai p = 0,000, karena p < 0.05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang bermakna.
Kesimpulan : ada perbedaan bermakna antara pengetahuan guru dan murid Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan di kota Semarang sebelum dan sesudah seminar tentang program pemberdayaan program ke sekolah.
Fulltext View|Download
Keywords: Pengetahuan guru dan murid, kekerasan anak di sekolah, pemberdayaan Usaha Kesehatan Sekolah.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.