skip to main content

HUBUNGAN GANGGUAN TIDUR DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH)

*Melysa Br. Sitepu  -  , Indonesia
Tun Paksi Sareharto  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) merupakan gangguan perkembangan pada anak yang umum terjadi. Salah satu masalah yang dialami oleh anak dengan GPPH adalah gangguan tidur. Karbohidrat dan protein yang dihubungkan dengan kondisi status gizi diduga berhubungan dengan gangguan tidur.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara gangguan tidur dengan status gizi pada anak dengan GPPH.
Metode : Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Subyek penelitian adalah anak dengan GPPH usia 4-15 tahun di Kota Semarang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Sleep Disturbance Scale for Children (SDSC), perhitungan indeks masa tubuh (IMT) dengan mengukur berat dan tinggi badan menggunakan timbangan berat badan serta stadiometer. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Uji statistik menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil : Jumlah sampel penelitian 17 responden anak GPPH terdiri dari 15 laki-laki dan 2 perempuan yang mengalami gangguan tidur. Jenis gangguan tidur terbanyak adalah gangguan memulai dan mempertahankan tidur. Sebanyak 11 responden (64,7%) memiliki status gizi yang normal. Setelah dilakukan uji korelasi Spearman didapatkan nilai korelasi (r=0,193) yang sangat lemah.
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara gangguan tidur dengan status gizi pada anak dengan GPPH (r=0,193).
Fulltext View|Download
Keywords: gangguan tidur, status gizi, indeks massa tubuh (IMT), GPPH

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.