skip to main content

HUBUNGAN LINGKAR LEHER DAN TEBAL LEMAK BAWAH KULIT (SKINFOLD) DENGAN TEKANAN DARAH PADA REMAJA

*Gusria Yuana  -  , Indonesia
Etisa Adi Murbawani  -  , Indonesia
Binar Panunggal  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Hipertensi tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga dapat terjadi pada remaja. Massa lemak tubuh merupakan indikator yang berhubungan dengan hipertensi. Pengukuran lemak tubuh lebih baik dalam mendeteksi obesitas daripada pengukuran berat badan dan IMT pada populasi Asia. Lemak subkutan merupakan parameter yang lebih baik dalam memprediksi risiko penyakit hipertensi dibandingkan dengan lemak bagian viseral. Lingkar leher dan tebal lemak bawah kulit (skinfold) merupakan gambaran dari lemak subkutan.
Tujuan : Menganalisis apakah terdapat hubungan antara lingkar leher dan tebal lemak bawah kulit (skinfold) dengan tekanan darah pada remaja.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah subjek 60 orang berusia 16-18 tahun. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Semarang. Variabel yang diukur yaitu tekanan darah, lingkar leher dan tebal lemak bawah kulit (skinfold). Analisis data dengan menggunakan uji Korelasi Rank-Spearman, Mann-Whitney, dan Kruskal-Wallis.
Hasil : Rerata diameter lingkar leher adalah 32,7cm, skinfold (23,45±4,96)mm, TDS (115,9±9,98)mmHg, dan TDD (78,8±7,5)mmHg. Berdasarkan TDS, prevalensi hipertensi (≥ persentil 95th), adalah sebesar 3,4%, prehipertensi (persentil 90th-<95th) sebesar, 48,3%, dan normal (< persentil 90th) sebesar 48,3% sedangkan berdasarkan TDD adalah 18,3%, 50%, dan 31,7%. Terdapat hubungan yang positif antara lingkar leher dengan TDS (p=0,001; r=0,414) dan TDD (p=0,004; r=0,370) pada remaja. Terdapat hubungan yang positif antara tebal lemak bawah kulit (skinfold) dengan TDS (p=0,002; r=0,392) dan TDD (p=0.004; r=0,368) pada remaja..
Simpulan : Terdapat hubungan antara lingkar leher dan tebal lemak bawah kulit (skinfold) dengan tekanan darah (TDS dan TDD) pada remaja.
Fulltext View|Download
Keywords: Lingkar leher, tebal lemak bawah kulit (skinfold), tekanan darah, remaja.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.